Share

Diterjang Banjir Lahar Gunung Semeru, Begini Kondisi Jembatan Gladak Perak

Tentya Noerani Dewi Richyadie, · Minggu 05 Desember 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512172 diterjang-banjir-lahar-gunung-semeru-begini-kondisi-jembatan-gladak-perak-1oxuP1EPa4.jpg Jembatan Gladak Perak di Lumajang terputus diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru. (Ist)

JAKARTA - Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Salah satu jembatan terputus dampak erupsi tersebut.

Jembatan Gladak Perak, yang menghubungkan jalan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terputus.

Dilansir dari video yang diunggah akun Tiktok @bintange_kota_pacitan, Jembatan Gladak Perak ambruk. Jalan di sekitar jembatan dipenuhi abu vulkanik yang tebal dan basah.

Jembatan Gladak Perak yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang tersebut putus total akibat terjangan banjir lahar dingin usai Gunung Semeru meletus.

Baca Juga : Bergantung Kecepatan Angin, Abu Vulkanik Gunung Semeru bisa Menyebar Lebih Jauh

Derasnya banjir lahar dingin menyebabkan jembatan sepanjang 100 meter itu terputus. Arus lalu lintas di Jalan Raya Lumajang yang menuju wilayah Kabupaten Malang, dialihkan mengarah ke Probolinggo.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi sekitar pukul 15.00 WIB. Awan panas keluar dan mengarah ke Curah Kobokan sejauh 10 - 11 kilometer dari kawah Gunung Semeru.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini