Share

Presiden Jokowi Segera Tinjau Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 05 Desember 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512147 presiden-jokowi-segera-tinjau-lokasi-erupsi-gunug-semeru-LKZ5yRRUdX.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meninjau lokasi erupsi Gunung Semeru. Namun, belum diketahui jadwal kunjungan tersebut.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya sedang merancang keberangkatan Kepala Negara tersebut.

"Sedang direncanakan segala sesuatunya, akan segera ke lokasi," ucap Heru saat dihubungi MNC Portal, Minggu (5/12/2021).

Penanganan darurat terus dilakukan pascaerupsi Gunung Semeru yang berlangsung pada Sabtu kemarin 4 Desember 2021. Informasi terkini dari BNPB, jumlah korban meninggal dunia menjadi 13 orang.

Sementara itu, warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Gunung Semeru terletak di dua Kabupaten, yakni Lumajang dan Malang Jawa Timur. Erupsi disertai guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Baca Juga : Gunung Semeru Meletus, Wapres Beri Instruksi Penting untuk Mensos dan BNPB

Akibat erupsi ini, dua kecamatan di Lumajang yaitu Pronojiwo dan Candipuro mengalami hujan lumpur dan abu vulkanik sehingga gelap gulita. Warga yang panik berhamburan berusaha menyelamatkan diri ke tempat perlindungan yang aman.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini