Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas, Ini Penampakannya

Antara, · Minggu 05 Desember 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512130 gunung-semeru-kembali-luncurkan-awan-panas-ini-penampakannya-h58vNM6IgH.jpg Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto.

JAKARTA – Gunung Semeru pada Minggu (5/12/2021) pagi kembali meluncurkan awan panas seperti yang terlihat dari daerah Probojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Awan panas itu terpantau muncul dari kawah semeru, seperti terlihat dalam beberapa foto berikut ini:

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat mewaspadai potensi awan panas dan lahar dingin di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru terutama di aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

BACA JUGA: Gunung Semeru Meletus, BNPB Kirim Bantuan Logistik Senilai Rp1,1 Miliar

Menurut laporan terbaru, setidaknya 13 orang meninggal akibat dampak letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021). Sementara 41 orang lain mengalami luka-luka dan tengah mendapatkan perawatan di pusat medis di Kabupaten Lumajang.

BACA JUGA: 13 Orang Meninggal Akibat Erupsi Gunung Semeru

Bantuan logistik untuk para korban dan warga yang dievakuasi dari lokasi sekitar Gunung Semeru telah mulai berdatangan. Dinas Sosial Kabupaten Lumajang juga telah membuka dapur umum tepatnya di Lapangan Kamar Kajang untuk membantu warga yang berada di pos pengungsian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini