Share

Sebelum Gunung Semeru Meletus, Air Sungai Ini Berubah Warna

Tim Okezone, Okezone · Minggu 05 Desember 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 337 2512096 gunung-semeru-meletus-air-sungai-berubah-warna-jadi-kecokelatan-XGpR8WKvUb.jpg Air sungai berubah jadi kecokelatan. (Twitter/@ngalamfess)

JAKARTA - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore. Air sungai yang berada di kaki gunung yang berwarna jernih berubah menjadi kecoklatan.

Hal itu sebagaimana dilihat dari video yang beredar di media sosial (medsos). Dari video itu tampak air sunga mengalir dengan deras. Air yang semula berwarna jernih itu berubah menjadi kecoklatan. Diduga perubahan tersebut dampak letusan Gunung Semeru.

"Lava oi lava. Hati-hati semuanya," kata pria dalam video tersebut, dikutip pada Minggu (5/12/2021).

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah erupsi itu, ratusan warga Kabupaten Lumajang dilaporkan mengungsi lantaran hujan abu dan lahar dingin yang mengakibatkan bangunan rumah mereka rusak.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu (4/11/2021), kejadian bencana awan panas guguran Gunung Semeru telah berdampak di enam desa yang berada di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang. Selain itu, sebaran abu vulkanik telah berdampak di 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan.

Baca Juga : Pastikan Penanganan Darurat Erupsi Gunung Semeru, Kepala BNPB Bertolak ke Lumajang

Di samping itu, kejadian awan panas guguran Gunung Semeru telah menyebabkan satu orang warga meninggal dunia, 2 orang hilang, 8-10 orang masih terjebak, 70 orang dilarikan ke puskesmas dan 300 KK mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Sementara itu, kerusakan dan kerugian materil masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini