Erupsi Gunung Semeru, Jalur Lumajang-Malang Melalui Piket Nol Ditutup

Antara, · Sabtu 04 Desember 2021 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2512001 erupsi-gunung-semeru-jalur-lumajang-malang-melalui-piket-nol-ditutup-b6lkX7jcjY.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang lewat selatan di jalur Piket Nol ditutup total karena terputusnya Jembatan Geladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) sore.

Jembatan tersebut runtuh diperkirakan akibat diterjang lahar dingin sehingga pondasi yang menopang dari bawah tidak kuat menahan derasnya aliran lahar dingin Gunung Semeru. Akibatnya ambruk dan tidak bisa dilalui.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Nugraha Yudha M mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel untuk mengarahkan kendaraan yang akan melintasi Jalur Piket Nol.

"Saya mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan jalur yang tidak direkomendasikan oleh para petugas karena lewat Curah Kobokan sangat berisiko dan berbahaya, lebih baik memutar jalur saja," katanya.

Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu sore menyebabkan sejumlah fasilitas dan infrastruktur rusak. Salah satunya Jembatan Geladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Baca juga: BNPB Terjunkan TRC dan Logistik Penanganan Darurat Korban Letusan Semeru

Jembatan tersebut menjadi satu-satunya jembatan penghubung antara Kecamatan Pronojiwo dengan Kecamatan Candipuro. Bahkan menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang melalui jalur Piket Nol.

Baca juga: Badan Geologi Minta Masyarakat Tak Beraktivitas Radius 5 Km dari Kawah Gunung Semeru

Semua kendaraan dari Kecamatan Senduro (Kabupaten Lumajang) menuju ke Poncokusumo (Kabupaten Malang) maupun sebaliknya dialihkan untuk putar balik.

"Semua kendaraan dari arah Probolinggo tujuan Malang dialihkan putar balik dan semua kendaraan dari arah Jember tujuan Malang dialihkan lewat Probolinggo," katanya.

Semua kendaraan dari arah Malang menuju Kabupaten Lumajang dialihkan untuk kembali melewati Probolinggo karena Jembatan Perak di Piket Nol ambruk akibat lahar dingin dan letusan Gunung Semeru.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Badan Geologi Sebut Jarak Awan Panas Guguran Capai 1,7 Km

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini