Badan Geologi Minta Masyarakat Tak Beraktivitas Radius 5 Km dari Kawah Gunung Semeru

Dimas Choirul, MNC Media · Sabtu 04 Desember 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2511995 badan-geologi-minta-masyarakat-tak-beraktivitas-radius-5-km-dari-kawah-gunung-semeru-lJLeD09x0l.jpg Erupsi Gunung Semeru (Foto: istimewa)

JAKARTA - Badan Geologi ESDM meminta masyarakat tak beraktivitas dari jarak 5 Km dari Gunung Semeru yang mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu (4/12/2021).

Kepala Badan Geologi ESDM Eko Budi Lelono mengatakan bahwa awan panas guguran (APG) dari Gunung Semeru mencapai 1.700 meter atau 1,7 Km dari puncak. Potensi ancaman bahayanya ditetapkan pada level II atau waspada.

Eko menjekaskan, dari sisi potensi ancamannya terjadi berupa lontaran batu pijar sekitar puncak, sedangkan material lontaran dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Kemudian, potensi ancaman bahaya lainnya, berupa awan panas guguran dan guguran batuan dari kubah atau ujung lidah larva ke sektor tenggara dan selatan dari puncak.

"Jika terjadi hujan, dapat terjadi lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak," ungkapnya.

Baca juga: Ratusan Warga Lumajang Mengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru

Oleh karenanya, dapat simpulkan potensi ancaman bahaya aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan di level II atau waspada sehingga masyarakat sekitar untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah gunung.

Baca juga: Wabup Lumajang: Warga yang Meninggal karena Erupsi Gunung Semeru Belum Bisa Dievakuasi

"Radius jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya," pungkasnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Pasca erupsi itu, ratusan warga Kabupaten Lumajang dilaporkan mengungsi lantaran hujan abu dan lahar dingin yang mengakibatkan bangunan rumah mereka rusak.

Baca juga: Pilot Arah Bali Tak Lihat Debu Vulkanik saat Gunung Semeru Meletus, Ini Penjelasan AirNav

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini