Share

BMKG: Sebaran Debu Vulkanik Gunung Semeru Sudah Masuki Samudera Hindia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2511989 bmkg-sebaran-debu-vulkanik-gunung-semeru-sudah-masuki-samudera-hindia-zHgue5iurf.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru sudah memasuki Samudera Hindia.

BMKG mencatat pergerakan abu vulkanik itu pada Sabtu (4/12/2021), pukul 19.00 WIB. Sebaran abu vulkanik itu bergerak menuju sebelah selatan Pulau Jawa di Samudera Hindia.

"Berdasarkan citra satelit pukul 19.00 WIB, sebaran debu vulkanik sudah memasuki samudera hindia sebelah selatan Pulau Jawa," tulis BMKG dalam keterangannya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memaparkan kronologis peristiwa erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto memaparkan, berdasarkan hasil pengamatan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Kecamatan Candipuro, getaran banjir lahar atau guguran awan panas mulai tercatat pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter.

Baca juga: Ratusan Warga Lumajang Mengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru

"Kemudian, Pada pukul 15.10 Wajib, PPGA Pos Gunung Sawur melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang," kata Suharyanto dlm konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021) malam.

Baca juga: Wabup Lumajang: Warga yang Meninggal karena Erupsi Gunung Semeru Belum Bisa Dievakuasi

Selain itu, lanjut Suharyanto, berdasarkan laporan visual dari beberapa titik lokasi, juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

"Berdasarkan catatan yang dihimpun PVMBG, guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran kurang lebih 500 meter di bawah kawah," terangnya.

Baca juga: Puluhan Warga Lumajang Hilang Pasca Gunung Semeru Meletus, Lumpur Setinggi Lutut Orang Dewasa

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini