Share

Ratusan Warga Lumajang Mengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2511985 ratusan-warga-lumajang-mengungsi-pascaerupsi-gunung-semeru-xowy1hoe53.jpg Kondisi terkini erupsi Gunung Semeru (Foto: MNC Portal)

LUMAJANG - Ratusan warga Kabupaten Lumajang dilaporkan mengungsi pasca erupsi Gunung Semeru. Mereka adalah warga di sepanjang kawasan Curah Kobokan, yang menjadi daerah aliran lahar dan awan panas Gunung Semeru.

"Tadi dari daerah curah kobokan di Curah Kobokan ada 300 KK, sebagian besar sudah mengungsi tinggal beberapa orang yang berhasil dievakuasi," ucap Wakil Bupati (Wabup) Lumajang Indah Amperawati, kepada media, pada Sabtu malam (4/12/2021).

Mereka diungsikan ke Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sebab pengungsian yang berada di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, sebagaimana ditempatkan saat erupsi Gunung Semeru tahun lalu dinilai tidak aman.

"Semua mengungsi di balai desa penanggal. Tahun lalu kami buat tenda pengungsian di Lapangan Kamar Kajang, tetapi tidak memungkinkan, karena dikhawatirkan ada lahar susulan di Kamar Kajang, hanya dibuka dapur umum dari Dinsos Lumajang," terang Indah.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, 8-10 Warga Terjebak dan Keluarga Menangis Butuh Pertolongan

Ratusan warga Curah Kobokan ini terpaksa mengungsi sebab rumahnya rusak parah pasca erupsi Gunung Semeru. "Hampir seluruh rumah hancur di curah kobokan semua mengungsi di Balai Desa Penanggal. Jadi semuanya sudah berhasil dievakuasi," katanya.

Baca juga:Tepat Setahun Lalu, Semeru Ternyata Pernah Meletus!

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menambah pasukan yang bisa membantu proses evakuasi malam ini juga. Mengingat kata Cak Thoriq, sapaan akrabnya ada beberapa daerah di sekitar Gunung Semeru kawasan Lumajang yang masih sulit dijangkau dan diduga masih terdapat warganya.

"Kami minta tambahan pasukan, kami koordinasi dengan Infanteri 527 (Batalyon Infanteri 527 Baladibya Yudha) malam hari ini bisa ada tambahan. Semoga bisa sampai di titik-titik yang perlu kita selesaikan," ucap Cak Thoriq.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi sekitar pukul 15.00 WIB. Awan panas keluar dan mengarah ke Curah Kobokan sejauh 10 - 11 kilometer dari kawah Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Jembatan Penghubung Putus Warga Terisolasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini