Satu Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Semeru, 41 Warga Alami Luka Bakar Parah

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2511972 satu-orang-tewas-akibat-letusan-gunung-semeru-41-warga-alami-luka-bakar-parah-z87vu44b7v.jpg Wakil Bupati Lumajang ungkap warganya jadi korban letusan Gunung Semeru/ Okezone

LUMAJANG – Gunung Semeru yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur meletus. Akibatnya, material vulkanik yang terpantau sejak sore haro mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

(Baca juga: Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru Sejak Tahun 1818)

Akibatnya, sejumlah warga mengalami luka bakar akibat lahar panas Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang menyebut ada warganya yang menjadi korban jiwa.

(Baca juga: Gunung Semeru Meletus Hebat, Warga: Astagfirullah)

“Ada satu orang meninggal dunia di Curah Kobokan, ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Sabtu (4/12/2021).

Namun Indah mengaku belum mengetahui identitas warganya yang meninggal. “Kami masih berusaha melakukan evakuasi, karena jalur disana terputus sehingga tidak bisa dilewati,” sambungnya.

Sementara itu, 41 warganya alami luka bakar akibat guguran abu vulkanik Gunung Semeru. Mereka kini sudah dievakuasi di Puskesmas dan juga dirujuk di Rumah Sakit terdekat.

“ Ada 41 warga luka bakar akibat lahar panas yang dievakuasi di Puskemas Penanggal. Mereka juga kita telah rujuk di RS Bhayangkara dan RS Suyoto,” tutupnya.

 

Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 sekira pukul 15.00 WIB. Gunung berapi dengan ketinggian 3.676 MDPL yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyemburkan awan panas serta hujan abu vulkanis. Letusan Gunung Semeru pun membuat dua kecamatan di Kabupaten Lumajang menjadi gelap gulita. Padahal ketika itu jam masih menunjukkan pukul 16.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini