Survei IPO: Publik Puas dengan Kebijakan Jokowi di Tengah Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 337 2511813 survei-ipo-publik-puas-dengan-kebijakan-jokowi-di-tengah-covid-19-yYkn8yG3nI.jpg Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra (Foto: Puteranegara Batubara)

JAKARTA - Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang ekonomi pada saat pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini mengalami peningkatan. Hal tersebut tergambar dari kepuasan publik dalam survei Indonesia Political Opinion (IPO).

Menurut Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra, periode April-Agustus dengan tema yang sama ekonomi masih cukup rendah. Namun, pada hari ini, tiba-tiba posisi di atas 50 persen.

Baca Juga:  Kapolri Gelar Lomba Mural, Jokowi: Saya Apresiasi Hasilnya Positif

Survei tersebut dilakukan pada periode 29 November hingga 2 Desember 2021. "Yang nyatakan puas pada bidang ekonomi hari ini adalah 53 persen, sementara bidang sosial puas 48 persen dan terendah persepsi di politik-hukum 39 persen menyatakan puas," kata Dedi dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Pemulihan Ekonomi dan Konstelasi Politik 2024', Sabtu (4/12/2021).

IPO juga mengukur atau melakukan survei kepuasan publik terhadap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di tengah Pandemi Covid-19.

"Kami juga ukur karena tema terkait pandemi secara khusus memotret apakah kepuasan publik ke Kemenkes. Faktanya cukup rendah hanya 36 persen puas kinerja Menkes, 53 persen tidak puas dan 11 persen ragu ragu," ujar Dedi.

Baca Juga:  Waspada Varian Omicron, Jokowi Minta Selesaikan Target Vaksinasi

Sementara kepuasaan publik di kementerian bidang koordinator di antaranya adalah, Kemenko Perekonomian mendapatkan kepuasan publik 39 persen.

"Kementerian Maritim 36 persen, Kementerian PMK paling rendah 27 persen nyatakan puas, Kementerian Polhukam hanya 33 persen. Ini masing-masing kementerian koordinator didominasi tidak puas dari publik," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini