Kisah Pasukan Hantu Dayak, Miliki Sumpit Beracun yang Ditakuti Tentara Belanda

Antara, · Jum'at 03 Desember 2021 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 337 2511519 kisah-pasukan-hantu-dayak-miliki-sumpit-beracun-yang-ditakuti-tentara-belanda-RBJ2IfRcrI.jpg Lomba sumpit pada pekan gawai dayak di pontianak/ antara

JAKARTA - Di masa penjajahan, tiap etnis dan daerah memiliki perjuangannya sendiri dalam melawan tentara lawan. Salah satunya adalah Suku Dayak ketika berperang melawan Belanda.

(Baca juga: Fakta Unik Tari Mandau Suku Dayak yang Mengandung Aura Mistis)

Diketahui, Belanda sempat mencoba menyerang suku dari Kalimantan ini. Alih-alih mendapat kemenangan, suku Dayak justru berhasil membuat mereka kocar kacir.

Dilansir dari beragam sumber, Jumat (3/12/2021), saat itu, Belanda, tanpa memahami medan yang mereka akan lalui, menerobos masuk ke hutan. Tetapi, suku Dayak, yang sejak kecil hidup di antara pepohonan tinggi, memahami betul medan pertarungan ini.

(Baca juga: 5 Fakta Mencengangkan Panglima Burung Suku Dayak, Nomor 4 Terbangkan Mandau untuk Cari Korban)

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki fisik terlatih layaknya seorang tentara. Mereka terbiasa sejak kecil untuk menyesuaikan diri dengan alam sehingga kemampuan fisiknya juga ikut terasah.

Pergerakan mereka juga seperti "hantu". Berkat terbiasa dengan hidup di hutan, mereka bisa berbaur dengan alam, berkamuflase, dan memanfaatkan medan yang ada untuk bergerak.

Tentu pasukan Dayak tidak hanya berperang menggunakan tangan kosong. Salah satu senjata yang mereka gunakan adalah sebuah sumpit beracun, digunakan dengan cara ditiup dan nantinya akan keluar sumpit tersebut.

Sumpit ini amat ampuh untuk melucuti musuh. Dalam beberapa kasus, beberapa di antaranya bisa membuat lawan lumpuh dan bahkan tewas seketika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini