Share

Presiden Jokowi: Penularan Omicron 5 Kali Lebih Cepat dari Varian Delta, Hati-Hati!

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 337 2511368 presiden-jokowi-penularan-omicron-5-kali-lebih-cepat-dari-varian-delta-hati-hati-8pYhEgeBZG.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran TNI-Polri untuk mewaspadai varian Covid-19 Omicron. Jenis baru virus tersebut kini sudah sampai Singapura. Kepala Negara mengingatkan varian Omicron ini lebih infeksius dari Delta berdasarkan hasil studi.

"Hati-hati yang namanya sekarang ancaman gelombang keempat varian Omicron. Hati-hati. Tadi pagi saya dapat kabar sudah sampai ke Singapura. Utamanya Polda yang berjaga dengan perbatasan negara lain," ucap Jokowi saat memberi arahan Kasatwil 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

Menurut Jokowi varian Omicron bisa dibawa oleh orang asing dan warga negara Indonesia (WNI) utamanya pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang kampung ke Tanah Air.

"Karena yang membawa bisa orang-orang asing, bule-bule. Tapi juga bisa WNI kita sendiri. Utamanya tenaga kerja kita dari luar waktu masuk kembali pulang kampung. Hati-hati," tegasnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Jokowi memantau saat ini varian Omicron sudah masuk ke 29 negara. Tingkat infeksius varian ini masih dalam proses studi. Hasil studi sementara menyebutkan Omicron lebih menular dari Delta.

"Ingat, varian Delta itu menyebar di indonesia dalam waktu 2-3 Minggu semua langsung kena. Ini lebih cepat. Meski pun belum final tapi perkiraan 5 kali lipat lebih cepat," pungkas Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini