Deretan Peristiwa Cicin Tak Bisa Dilepas, Nomor 3 Paling Heboh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 03 Desember 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 337 2511034 deretan-peristiwa-cicin-tak-bisa-dilepas-nomor-3-paling-heboh-JruvGI6o90.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Cincin merupakan benda kecil yang umum dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Terkait kebiasaan memakai cincin ini, ada saja kejadian yang dialami, mulai dari lupa di mana tempat meletakkan cincin saat dilepaskan, sampai tidak bisa melepaskan cincin tersebut dari jari karena berbagai sebab.

Apa yang dlakukan saat cincin susah dilepaskan dari jemari? Melansir berbagai sumber, berikut ini pengalaman sulit melepas cincin dan cara yang dilakukan untuk mengatasinya, yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

1. Pasar Rebo, Jakarta Timur

Pria berusia 74 tahun panik karena tidak bisa mencopot cincin yang tersemat di jari manisnya. Setelah dua hari mencoba berbagai cara, ia menyerah. Ia menolak pergi ke dokter karena masalah yang dianggapnya sepele ini. Hingga akhirnya salah seorang tetangga menyarankannya untuk pergi ke Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Pasar Rebo, Kamis (23/9/2021) malam.

Baca juga: Cincin Tak Bisa Lepas, Bocah 12 Tahun Nangis Jari Manisnya Bengkak

Sudin Gulkarmat mendapat laporan untuk mengevakuasi cincin tersebut. Sebanyak 5 personel dikerahkan guna membantu melepaskan cincin. Dengan menggunakan gerinda, tim Gulkarmat berhasil memutus cincin tersebut. Saat dilepas, jari manis pria si pemakai cincin sudah membengkak dan sedikit terluka akibat cincin dilepas paksa.

2. Cengkareng, Jakarta Barat

Remaja berinisial E (16) bersama ayahnya datang menyambangi Damkar Cengkareng, Jakarta Barat pada Sabtu (8/8/2020) pagi. Rupanya, cincin yang melekat di jari manis E tidak dapat dilepaskan. Dengan menggunakan gerinda, petugas tersebut menjalankan prosedur pelepasan cincin tersebut. Beberapa kali E menangis karena takut gerinda tersebut mengenai tangannya.

Baca juga: Gegara Cincin Kekecilan, Anak Asal Sukoharjo Ini Dibawa ke Damkar

Namun, petugas Damkar tersebut terus menenangkan E dan sesekali meneteskan air agar panas gesekan gerinda tersebut tidak melukai tangan E. Kurang dari 30 menit kemudian, cincin tersebut berhasil dilepas dari jari sang anak.

3. Jakarta Pusat

Jemari seorang kakek berinisial R (60) mengalami pembengkakan karena cincin-cincin yang ada di jemarinya itu tidak bisa dilepas. Tidak tanggung-tanggung, jumlah cincin yang tersangkut di jemari sang kakek mencapai 18 buah cincin. Diantar oleh saudaranya, S, mereka pergi ke Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Jakarta Pusat untuk meminta pertolongan.

Baca juga: Petugas Damkar Potong Cincin yang Terpasang 2 Tahun di Jari Manis

Kondisi jemarinya, menurut petugas yang menangani kasus ini, cukup mengkhawatirkan. Tiga jari tempat cincin-cincin ini tersangkut mengalami bengkak dan ada beberapa cincin yang telah masuk ke dalam daging jari R. Karena kondisi tersebut, petugas dengan cepat menyuntikkan bius lokal ke jemari R dan menggunakan benang serta gerinda kecil untuk melepas cincin-cincin tersebut. Setelah upaya berlangsung selama 1 jam, seluruh cincin tersebut berhasil dilepaskan.

Baca juga: Parah, Anjing Ini Telan Cincin Tunangan

4. Garut, Jawa Barat

Petugas Rescue Disdamkar Garut menerima dua laporan cincin yang menyangkut di jari dalam satu hari. Laporan pertama masuk pada Jumat (21/8/2020) pukul 09.00 WIB, dari seorang pria berinisial D (70). Anaknya menelpon petugas Disdamkar lantaran jari sang ayah membengkak dan khawatir terjadi infeksi.

Proses pemotongan cincin berlangsung sekitar 15 menit menggunakan gerinda kecil, dan berakhir dengan sukses. Laporan kedua masuk pada pukul 12.58 WIB, dari seorang remaja berinisial D. Sama seperti kasus sebelumnya, hanya dalam waktu 15 menit cincin tersebut telah terlepas dari jemari remaja tersebut.

5. Jambi

Seorang warga Kota Jambi berinisial SF (45) mendatangi Mako Pemadam Kebakaran di Kawasan Simpang Kawat pada Senin (8/3/2021). Ia mengeluh kesakitan karena cincin yang tersemat di jari manisnya tidak bisa dilepas sejak dua tahun lalu.

Berbagai cara telah dilakukannya untuk mengatasi hal ini, termasuk mencongkel cincin tersebut dengan kawat hingga terjadi infeksi. Petugas damkar pun dengan cepat berusaha menolong korban dan memotong cincin tersebut menggunakan gerinda ukuran kecil. Setelah satu jam, cincin tersebut berhasil dilepas.

Baca juga: Daftar Cincin Termahal di Dunia, Nomor 1 Bikin Geleng-Geleng Kepala

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini