Fakta Unik Tari Mandau Suku Dayak yang Mengandung Aura Mistis

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 02 Desember 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 337 2510926 fakta-unik-tari-mandau-suku-dayak-yang-mengandung-aura-mistis-Mg98nHiyyV.jpg Tarian malehot lebo, dayak/ antara

JAKARTA - Tari Mandau merupakan salah satu jenis tarian dari suku Dayak yang hingga saat ini masih bertahan. Tarian ini dikenal sebagai tarian perang.

(Baca juga: 5 Fakta Mencengangkan Panglima Burung Suku Dayak, Nomor 4 Terbangkan Mandau untuk Cari Korban)

Tarian mandau biasa dipertontonkan pada perayaan-perayaan besar, seperti penyambutan tamu agung, festival, atau pada pembukaan resmi suatu acara.

Tarian ini sendiri berasal dari properti yang dipakai, yaitu Mandau. Mandau merupakan senjata tradisional khas suku Dayak yang berbentuk parang atau pedang.

(Baca juga: Siapa Panglima Kumbang Pengawal Habib Bahar dari Lapas?)

Dalam pementasannya, gerakan tarian ini lebih menonjolkan atraksi serta seni tarian indah dengan menggunakan senjata Mandau serta Tameng.

Konon dalam atraksinya, tarian ini mengandung aura mistis. Ini diperkuat oleh alunan musik dari gerantung, sejenis alat musik yang diproses dari bahan dasar logam mirip gamelan Jawa.

Tari Mandau sering disamakan dengan tarian lain khas suku dayak, yakni tari Kinyah Mandau. Tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan

Jika tari Kinyah Mandau lebih mementingkan unsur teatrikal dan juga seni perang di dalam pertunjukannya, Tari Mandau kerap mempertontonkan adegan berbahaya.

Tidak jarang penari melakukan hal seperti mengayunkan dan menggigit senjata Mandau yang sangat tajam.

Tetapi semua itu tidak berbahaya bagi para penari, sebab sebelum melakukan pertunjukan mereka telah melakukan ritual khusus dalam pertunjukannya dapat berjalan aman. Mereka juga tentunya terlatih dalam hal ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini