Anies: Nakes Tampil di Kick Off Presidensi G20 Bawa Pesan Moral

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 01 Desember 2021 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2510525 anies-nakes-tampil-di-kick-off-presidensi-g20-bawa-pesan-moral-P3DIOxXreI.jpg Kick off Presidensi G20 (Foto: ppid.jakarta.go.id)

JAKARTA - Pemerintah resmi melakukan kick off Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (1/12/2021). Kegiatan tersebut akan dimulai pada 1 Desember 2021 hingga November 2022 di Bali.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, para tenaga medis yang tampil dalam acara tersebut membawa pesan yang bermakna yakni meskipun memiliki tanggung jawab yang besar namun tetap menjalani tugasnya dengan ikhlas.

"Didukung oleh kerabat kerja Dinas Kebudayaan dan juga Dinas Kesehatan karena tadi para tenaga medis yang tampil bersama di sini mengirimkan pesan kepada semua kepada semua bahwa dalam masa pandemi seperti sekarang ini para tenaga kesehatan walaupun tugas besarnya tapi mereka menjalaninya dengan sukacita dan tadi terungkapkan di situ,” kata Anies kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga:  Jadi Tuan Rumah G20, Jokowi Akan Perjuangkan Kepentingan Negara Berkembang

Adapun harapan Anies, semoga rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia berjalan dengan lancar. "Kita berharap rangkaian G 20 Presidensi ini berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah kehormatan bagi Indonesia menerima Presidensi G20. "Ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi bagi pemulihan ekonomi dunia untuk dunia lebih adil dan berkelanjutan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk itu, Presidensi G20 mengusung tema recovery together recover stronger,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi berujar, dalam presidensi G20 Indonesia akan terus fokus pada 3 hal. "Pertama penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua transformasi berbasis digital. Ketiga transisi energi berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Delegasi G20: Kami Akan Sambut dengan Penuh Kegembiraan

Indonesia, sambung Presiden Jokowi, mendorong negara G20 melakukan aksi nyata. Sehingga kegiatan ini bukan sebatas seremonial belaka. Menurutnya, Indonesia ingin mendorong negara G20 menghasilkan terobosan besar.

"Indonesia terus mendorong kolaborasi dan perkuatan untuk memastikan masyarakat dunia merasakan dampak positif dari kegiatan ini,” tandasnya.

Ditambahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku Ketua I Bidang Sherpa Track Presidensi G20 Indonesia mengatakan, “Presidensi G20 Indonesia bertujuan agar dunia dapat keluar dari krisis dengan lebih baik dan lebih tangguh. Hal ini tentunya membutuhkan transformasi cara kerja global, perubahan pola pikir dan model bisnis, pemanfaatan setiap kesempatan di tengah pandemi untuk menghasilkan terobosan baru,” ujarnya.

Airlangga berkata, dalam Presidensi ini, G20 perlu memfokuskan pada penguatan sistem multilateralisme dan kemitraan global yang efektif, guna memastikan perekonomian dunia tetap terbuka, adil, saling menguntungkan, dan menjamin tidak ada satupun yang tertinggal, khususnya kelompok miskin dan rentan.

“Indonesia akan menggunakan Presidensi G20 untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang, sehingga dapat tercipta tata kelola dunia yang lebih adil. Utamanya untuk memperkuat solidaritas dunia dalam mengatasi ancaman perubahan iklim dan mendorong pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga melakukan penyerahan pin atau tanda tugas kepada perwakilan Chairs Working Groups dan Engagement Groups secara simbolis serta peluncuran alamat situs resmi G20 yakni www.g20.org. Situs ini memuat informasi mengenai jadwal pertemuan, side events, dan workstreams, baik dari Sherpa Track maupun Finance Track.

Dalam Opening Ceremony ini, selain dihiasi dengan lagu tema Presidensi G20 Indonesia yang berjudul “Recover Together, Recover Stronger”. Lagu ini diciptakan oleh Candra Darusman dan dibawakan oleh Afgan Syahreza. Ada juga pemutaran video kolaborasi musisi dan penyanyi Indonesia dengan Orkestra Anak Indonesia dan EGMS Children Choir, dan acara juga dimeriahkan dengan pagelaran seni dan budaya nusantara.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, turut hadir dalam acara ini antara lain Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus, Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini