Dear Shoppers! Cegah Impulsive Buying dengan 3 Tips MotionBanking Ini!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 01 Desember 2021 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2510521 dear-shoppers-cegah-impulsive-buying-dengan-3-tips-motionbanking-ini-pbJ4olx3ZM.jpg Ilustrasi impulsive buying (Foto: Dok MNC)

IMPULSIVE buying merupakan suatu tendensi seseorang untuk membeli sesuatu baik itu berupa barang atau jasa tanpa perencanaan sebelumnya. Seringkali kondisi ini didasarkan oleh emosi dan perasaan, juga terjadi secara spontan.

Impulsive buying ini bisa berdampak negatif terhadap kesehatan finansial masyarakat karena hal tersebut terjadi tanpa adanya pertimbangan dan perencanaan yang matang. Bahkan, harga barang yang mahal sekalipun tidak dapat mencegah terjadinya impulsive buying.

Perasaan bahagia, sedih, penasaran, dan lainnya bisa menjadi pemicu seseorang melakukan impulsive buying. Hal inilah yang harus bisa dikontrol oleh seseorang karena biasanya barang yang dibeli secara implusif tidak termasuk ke dalam barang yang dibutuhkan.

Untuk mencegah masyarakat melakukan impulsive buying, MotionBanking memberikan 3 cara yang dapat dilakukan:

1. Hindari belanja saat sedang sedih

Dari semua perasaan yang dapat memicu impulsive buying, perasaan sedih memiliki peran yang paling besar karena saat sedang sedih, seseorang akan mencari suatu ‘pelarian’ untuk mengurangi rasa sedihnya. Hindari berbelanja saat sedang sedih, karena hal tersebut akan memicu kita untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan. 

2. Gunakan uang cash

Biasakan menggunakan uang cash, karena uang tersebut akan melimitasi pengeluaran yang akan dikeluarkan saat terjadi impulsive buying. Dengan uang yang terbatas pula, seseorang juga akan lebih mudah untuk mencegah dorongan impulsive buying yang tiba-tiba dapat muncul. 

3. Refleksi Diri

Seseorang mungkin tidak akan langsung sadar saat terjadi impulsive buying, namun akan lebih baik jika masyarakat mulai membiasakan diri untuk selalu memiliki pertimbangan saat ingin membeli suatu barang. Hal ini nantinya berguna jika terjadi impulsive buying. Tetapi, akan lebih baik pula jika memiliki income tambahan yang digunakan khusus sebagai pengeluaran untuk impulsive buying. 

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagi unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group menghadirkan Program Referral yang memberikan reward bagi nasabah hanya dengan mengajak orang lain bergabung menjadi nasabah MNC Bank.

Melalui program referral, masyarakat berkesempatan mendapat reward saldo sebesar Rp10.000 yang dapat digunakan sebagai modal awal tabungan. Baik referrer (yang mengajak) maupun referree (yang diajak), akan mendapat hadiah yang sama. 

Semakin banyak yang diajak, semakin banyak reward yang didapat. Bonus yang masyarakat dapat bisa jadi passive income untuk menambah pemasukan.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini