Pemerintah Siapkan Bantuan Infrastruktur Sektor Ekonomi dan Kreatif

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 01 Desember 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2510505 pemerintah-siapkan-bantuan-infrastruktur-sektor-ekonomi-dan-kreatif-aV2AzeZpjZ.jpg Menparekraf, Sandiaga Uno (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki program Bantuan Pemerintah untuk Infrastruktur Ekonomi Kreatif 2022. Kebijakan ini dibuat untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air yang terdampak pandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Banper Kemenparekraf adalah bantuan berupa fasilitas untuk revitalisasi prasarana infrastruktur fisik ruang kreatif atau pun sarana ruang kreatif.

Program ini merupakan bantuan bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria bantuan sosial dan diberikan dalam bentuk barang sesuai usulan dari penerima. Pendaftaran program masih dibuka hingga 8 Desember 2021.

"Banper yang langsung menyentuh kebutuhan, sudah banyak yang mendaftar tapi kita masih buka pendaftaran untuk program Banper sampai 8 Desember 2021 jadi mohon diinformasikan ke berbagai daerah ini masih dibuka," ujar Sandiaga melalui keterangan tertulis yang diterima, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Mantap! Kemenparekraf Gandeng BMKG Perkuat Mitigasi Bencana di Sektor Pariwisata

Sandiaga menyampaikan proses pendaftaran Banper ini sangat mudah. Pendaftar cukup membuka situs www.banper.kemenparekraf.go.id untuk mendaftar dan mengetahui informasi secara lebih spesifik.

Baca juga: Kemenparekraf Tetapkan Banda Aceh sebagai Kota Kreatif Indonesia 2021

Tujuan dari program Banper ini adalah memfasilitasi penyediaan kelayakan ruang kreatif dalam bentuk revitalisasi, dan penyediaan sarana.

Kemudian, meningkatkan produktivitas dan kreativitas komunitas ekonomi kreatif serta keberlangsungan komunitas ekonomi kreatif. Selain itu, mendorong perluasan dan terbangunnya jejaring ekosistem ekonomi kreatif.

Terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang bisa menerima bantuan, mulai dari developer, kuliner, musik, fesyen, hingga seni rupa.

Baca juga:Segera Daftar! Ini Cara Registrasi Bantuan Pemerintah Usaha Pariwisata 2021, Cek di Sini!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini