Share

BMKG: Waspada Siklon Tropis Teratai di Barat Daya Lampung Malam Ini

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 01 Desember 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2510479 bmkg-waspada-siklon-tropis-teratai-di-barat-daya-lampung-malam-ini-AVmZnb1g9R.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengungkapkan saat ini di wilayah Indonesia terdeteksi satu siklon tropis Nyatoh, dan dua bibit siklon yakkni 92S dan 94W.

Sementara itu, Dwikorita mengatakan berdasarkan analisis perkembangan kondisi bibit siklon yang dalam 20 jam terakhir, sejak pertumbuhan pertama tanggal 30 November tahun 2021 yaitu sistem bibit siklon 92S mengalami peningkatan intensitas.

“Berdasarkan analisis per hari ini tanggal 1 Desember 2021 sekitar pukul 16.00 WIB tadi, bibit siklon 92S sudah berada di posisinya di sekitar Samudra Hindia, Barat Daya Lampung. Tepatnya di posisi 9 derajat Lintang Selatan dan 103 derajat Bujur Timur. Per jam 4 sore tadi yang disebut sebagai bibit siklon 92S,” kata Dwikorita dalam Konferensi Pers secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Dwikorita mengatakan menurut analisis prediksi BMKG dalam waktu 3 jam ini akan semakin menguat dan akan lahir menjadi Siklon dalam waktu 3 jam. Bibit siklon 92S ini akan diberi nama siklon tropis Teratai.

Baca juga: Siklon Tropis Teratai Muncul Malam Ini, Sejumlah Daerah Termasuk Jakarta Terdampak

“Dan Jakarta Tropical Cyclone Tropical Warning Center, telah menyiapkan nama apabila bibit siklon ini lahir menjadi siklon tropis atau badai tropis disiapkan namanya menjadi siklon tropis Teratai,” kata Dwikorita.

Baca juga: BMKG : Waspada Dampak Siklon Tropis Nyatoh dan 2 Bibit Siklon Tropis

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

“Jadi, ini adalah untuk memberikan peringatan dini dalam waktu 3 jam akan terjadi badai Tropis Teratai. Sebagaimana yang telah terjadi di sebelah utara Papua sebelumnya sudah terjadi badai Tropis Nyatoh. Dan saat ini masih ada di sebelah barat laut Sumatera Utara masih ada bibit siklon 94W,” tambah Dwikorita.

Sehingga, kata Dwikorita, pada saat ini ada tiga sistem yang sedang terjadi. “Yang satu sudah lahir sebagai badai Tropis Nyatoh di utara Papua. Segera kita menunggu 3 jam lagi, di sebelah barat daya Lampung lahir Siklon Tropis Teratai. Dan masih menunggu bibit siklon yang lain di sebelah barat laut Sumatera Utara,” ungkapnya.

Baca juga: Potensi Tsunami Setinggi 8 Meter di Cilegon, Ini Penjelasan Kepala BMKG

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini