Mahfud MD: Pola Pikir Birokrat Tempatkan Diri sebagai Penguasa Sebabkan Pelayanan Lambat

Riezky Maulana, iNews · Rabu 01 Desember 2021 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2510290 mahfud-md-pola-pikir-birokrat-tempatkan-diri-sebagai-penguasa-sebabkan-pelayanan-lambat-bLGUj1IeEe.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : tangkapan layar)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bahwa masih ada birokrat yang memiliki pola pikir sebagai penguasa, bukan menjadi pelayan publik.

Padahal, sambung dia, reformasi birokrasi merupakan hal yang penting dan menjadi urusan bersama.

"Pola pikir birokrat yang masih menempatkan diri sebagai penguasa bukan pelayan publik, sebagai orang yang minta dilayani tetapi tidak mau melayani," tutur Mahfud dalam Seminar Nasional Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan Kemenko Polhukam Secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Hal itu, sambung Mahfud, mengakibatkan pelayanan publik menjadi lambat. Sehingga berpotensi menimbulkan munculnya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Baca juga: Mahfud MD Sebut Revisi UU Ciptaker Selesai Sebelum 2 Tahun

"Menyebabkan terjadinya pelayanan yang lambat, prosedur yang berbelit-belit, dan budaya afiliasi yang melekat sehingga dapat mendorong terjadinya praktek KKN," jelasnya.

Baca juga: Mahfud MD Minta Masyarakat Tak Khawatir soal Putusan MK Revisi UU Ciptaker

Lebih jauh dikatakan Mahfud, komitmen pimpinan yang kurang juga menjadi faktor lain dari sulitnya penerapan reformasi birokrasi. Dia pun mengimbau pemimpin harus memiliki komitmen, tanpa komitmen maka hal itu mustahil terealisasi.

"Setiap perubahan selalu harus dimulai dari komitmen pemimpin. Tanpa komitmen pemimpin dan pimpinan adalah mustahil terjadi perubahan. Pemimpin harus memiliki komitmen dalam melakukan modernisasi birokrasi di antaranya melalui penerapan sistem informasi, menyederhanakan prosedur yang rumit, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Mahfud MD ke Penerima Hibah Aset BLBI: Segera Digarap Sesuai dengan Tujuannya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini