Cegah Omicron, Epidemiolog Sarankan Orang dari Luar Negeri Dikarantina 14 Hari

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 01 Desember 2021 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 337 2509997 cegah-omicron-epidemiolog-sarankan-orang-dari-luar-negeri-dikarantina-14-hari-GJwShZxevG.jpg Ilustrasi Covid-19 (Foto: Foto Freepik)

JAKARTA - Epidemiolog dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Gilbert Simanjuntak mengatakan, masyarakat perlu berhati-hati menyusul adanya Covid-19 varian Omicron. Virus mutasi SARS COV 2 itu masih dalam tahap penelitian oleh ahli virologi.

"Tingkat keganasan/virulensi belum diketahui dengan jelas, tetapi perlu kehati-hatian," kata Gilbert saat dihubungi MPI, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga:  Pasien Dirawat di RSDC Wisma Atlet Bertambah Jadi 178 Orang

Gilbert menuturkan, jenis penularannya sama dengan varian-varian sebelumnya. "Semua penularannya sama, sehingga prokes 3M kembali harus diingatkan. Persiapan RS untuk antisipasi, karena tetap bisa menulari yang sudah divaksin," tuturnya.

Ia juga menyarankan agar warga yang datang dari luar negeri dikarantina sampai beberapa hari ke depan. Hal itu bertujuan untuk melihat apakah ada gejala yang dialami oleh penderita.

"Tetapi fatalitas dan beratnya penyakit belum diketahui. Sebaiknya penumpang yang masuk dari luar negeri, khususnya dari daerah terinfeksi dikarantina sedikitnya 14 hari," pungkasnya.

Baca Juga:  Kabar Baik, Vaksinasi Dosis 1 dan 2 di DKI Jakarta Sudah Lampaui Target

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini