Harapan Petani Jawa Timur Usai Presiden Jokowi Resmikan 2 Bendungan

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 30 November 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509850 harapan-petani-jawa-timur-usai-presiden-jokowi-resmikan-2-bendungan-i2re2OSc7R.jpg Jokowi bertemu petani usai meresmikan bendungan di Jatim (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Keberadaan dua infrastruktur ini diharapkan dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar, utamanya para petani.

Saat di Bendungan Tugu, Presiden turut berdialog dengan para petani yang berada di wilayah sekitar Bendungan Tugu maupun Bendungan Gongseng. Salah seorang petani mengucapkan rasa terima kasih atas keberadaan kedua bendungan tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden sudah membangun bendungan di desa kami. Bangunan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat karena yang pertama bisa mengendalikan banjir di Trenggalek, yang kedua saya selaku petani sawah harapan saya ke depan saya bisa panen tiga kali,” ucap Sutrisno, seorang petani sekitar dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Di samping itu, Ainur Rofiq, seorang petani lainnya berharap agar keberadaan kedua bendungan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Trenggalek melalui sektor pariwisatanya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kita Sama Sekali Tak Impor Beras Tahun Ini!

“Meningkatkan ekonomi masyarakat terutama pembukaan pariwisata baru, karena dengan adanya bendungan masyarakat punya rute baru untuk berpariwisata. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Presiden yang telah memberikan hadiah kepada masyarakat kita,” jelasnya.

Baca juga: Lihainya Jokowi Kemudikan Mesin Penanam Padi di Trenggalek

Bendungan Tugu dibangun dengan biaya Rp1,69 triliun. Kapasitas tampungnya sebesar 12 juta meter kubik dan bisa memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Kemudian Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini