Jelang HUT OPM 1 Desember, Polri Siaga Amankan Kamtibmas

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 30 November 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509834 jelang-hut-opm-1-desember-polri-siaga-amankan-kamtibmas-YoTefrI7UD.jpg Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ramadhan (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - Polri menyatakan bakal bersiaga mengamankan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2021 mendatang.

"Tentu Polri akan jaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Gerald Sokoy, Nakes yang Hilang di Kiwirok Masih Hidup dan Berada di Markas OPM

Selain itu, Ramadhan menyebut anggota di Bumi Cenderawasih juga melakukan upaya preemtif dan pencegahan. Kemudian, edukasi dan sosialisasi agar dapat menjaga keamanan bersama-sama.

"Karena prinsipnya kita jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali," ujar Ramadhan.

Baca juga: Breaking News: Baku Tembak Terjadi Lagi di Kiwirok, Satu TNI Dikabarkan Gugur

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) akan mengibarkan bendera Bintang Kejora besok Rabu, 1 Desember 2021. Pengibaran bendera itu dilakukan saat HUT OPM.

Bendera Bintang Kejora itu akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya. Selain itu, mereka juga akan meletuskan tembakan dan membunyikan genderang perang melawan pasukan TNI-Polri.

"Maka saya, Undius Kogoya mengeluarkan perintah bahwa penjemputan tanggal 1 Desember memperingati hari kemerdekaan West Papua dengan bunyi tembakan. Bahwa Intan Jaya mandi darah, kami tidak akan diam untuk perang melawan kolonial TNI Polri sampai Papua merdeka," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengutip Undius dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 November 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini