Share

Presiden Jokowi: Kita Sama Sekali Tak Impor Beras Tahun Ini!

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 30 November 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509710 presiden-jokowi-kita-sama-sekali-tak-impor-beras-tahun-ini-yatoTee9ce.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras secara nasional aman. Bahkan pada 2021 atau tahun ini pemerintah tak melakukan impor beras sama sekali.

"Tahun 2021, sampai hari ini, kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik," ujar Jokowi usai menanam padi bersama petani di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Jokowi mengatakan secara keseluruhan Provinsi Jawa Timur mampu memproduksi 5,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhannya sendiri maupun menyuplai daerah lainnya secara nasional.

Ia yakin kemampuan produksi beras di Jatim akan meningkat apalagi ada tambahan dua bendungan besar yang baru saja diresmikan.

"Saya rasa ini ada sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas kenaikan di petani sehingga memunculkan total produksi di seluruh tanah air ini menjadi merangkak naik," tuturnya.

Baca juga: Buwas Sebut Pemerintah Masih Punya Utang Rp4 Triliun ke Bulog

Selain menanam padi, Jokowi juga menyerap permasalahan yang terjadi pada petani. Itu berkaitan dengan pupuk, alat produksi, dan lain sebagainya. "Akan kita bicarakan di Jakarta dan agar juga Menteri Pertanian menyelesaikan hal kesulitan-kesulitan yang ada di lapangan ini secepat-cepatnya," pungkas dia.

Baca juga: Soal Impor Beras Khusus, Dirut Bulog Tak Tahu

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini