Share

Presiden Jokowi Resmikan Dua Bendungan di Jawa Timur, Ini Spesifikasinya

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 30 November 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509633 presiden-jokowi-resmikan-dua-bendungan-di-jawa-timur-ini-spesifikasinya-4l9V8bny6p.jpg Presiden Jokowi resmikan Bendungan Tugu (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bendungan sekaligus di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Bendungan pertama diberi nama Tugu terletak di Trenggalek. Bendungan kedua bernama Gongseng berada di Bojonegoro.

"Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar lagi di provinsi Jawa Timur yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan juga Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek. Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan kita," ucap Jokowi dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan, Bendungan Tugu dibangun dengan biaya Rp1,69 triliun. Kapasitas tampungnya sebesar 12 juta meter kubik dan bisa memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare.

Kemudian Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare lahan.

Baca juga: Presiden Jokowi Beri Tugas Khusus ke Menkes Pantau Varian Omicron

"Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktvitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat. Petani semakin produktif. Lebih sering menanam dan panen. Sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," harap Jokowi.

Baca juga: Presien Jokowi Kunker ke Jatim, Resmikan Bendungan dan Tanam Padi

Di akhir sambutannya, Jokowi meresmikan dua bendungan tersebut. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemutaran tuas pintu air.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, hari ini saya resmikan," tutupnya.

Baca juga: Jokowi: Untar Lahirkan 100 Ribu Alumni yang Berkarya di Berbagai Bidang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini