Share

Kisah Jenderal Dudung Masuk Jantung Pertahanan Musuh hingga Terserempet Peluru

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 30 November 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509611 kisah-jenderal-dudung-masuk-jantung-pertahanan-musuh-hingga-terserempet-peluru-X65D2mPkmt.jpg KSAD Jenderal Dudung Abdurachman/ tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman rupanya memiliki pengalaman yang cukup mentereng di bidang militer. Mantan Pangkostrad ini juga kenyang bertempur di berbagai palagan.

(Baca juga: Kisah Panglima TNI Berkalung Alquran yang Kebal Diberondong Peluru)

Dudung menceritakan kisahnya kala berperang di Timor Timur sekitar tahun 1988 setelah dirinya lulus dari AKABRI saat dia berpangkat letnan dua.

Dudung mengaku sering ditempatkan sebagai pasukan khusus. Bahkan dia berkali-kali masuk menjadi tim khusus dalam sejumlah operasi.

(Baca juga: Saat Jenderal Baret Merah Bertaruh Nyawa Bubarkan Bentrok Berdarah Kopassus dengan Marinir)

"Tim khusus ini isinya prajurit-prajurit yang bagus-bagus, biasanya dari putra daerah. Yang mimpin juga perwira yang kuat, pintar, segala macem," ujar Dudung di podcast Deddy Corbuzier, Selasa (30/11/2021).

Berbeda dengan tim lain, Dudung mengungkapkan bahwa tim khusus biasanya ditugaskan langsung menusuk ke jantung pertahanan lawan.

"Biasanya kita naik 3 bulan, terus istirahat 10 hari. 5 hari latihan, 5 hari evaluasi terus jalan lagi 3 bulan. Udah biasa," ungkapnya.

Ketika Deddy menanyakan apakah dirinya takut mati di medan perang, Dudung menyatakan sudah resiko prajurit untuk tewas. Dirinya juga tidak tahu kapan akan mati.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Masuk ke hutan itu ya resikonya mati. Prajurit-prajurit aja nggak takut, masa kita takut," kata Dudung.

Deddy juga memastikan apakah Dudung pernah terkena peluru atau tidak. Dirinya menjawab tidak pernah tertembak, tetapi hanya sekadar terserempet saja.

"Ketembak langsung nggak pernah, pernahnya keserempet aja. Nggak parah kok. Cuma panas aja dikit," seloroh Dudung sambil tertawa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini