Share

Siapapun Bisa Jadi Caleg, Susaningtyas Nefo Kertapati: Konvensi Rakyat Partai Perindo Bukan Basa Basi

Tim Okezone, Okezone · Selasa 30 November 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509477 siapapun-bisa-jadi-caleg-susaningtyas-nefo-kertapati-konvensi-rakyat-partai-perindo-bukan-basa-basi-rCwa6JokAy.jpeg Susaningtyas Kertopati (Ist)

JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memastikan program Konvensi Rakyat berbasis digital, bukan sekedar basa-basi.

Konvensi ini untuk menjaring bakal calon anggota legislatif (bakal caleg) 2024, demi meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

Anggota Dewan Nasional Konvensi Rakyat  Partai Perindo yang juga Pakar Hankam Susaningtyas Nefo Kertapati mengatakan melalui konvensi, caleg tak melulu dari kalangan pengusaha kaya raya, bangsawan, ataupun artis dan public figure popularitas atau keterkenalan saja.

"Kita nggak pernah tahu bagaimana partai politik memilih kandidat wakil rakyatnya. Padahal, anggota legislatif yang kerjanya membuat Undang-undang untuk mengatur negara kita ran menentukan masa depan hidup kita. Karenanya, lewat mekanisme ini, semua orang bisa memantau lho," kata Susaningtyas, Senin (29/11/2021).

Perempuan yang akrab disapa Nuning itu menjelaskan, biasanya, masyarakat dalam memilih calon anggota legislatif baik dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, maupun nasional hanya melihat foto wajah dan nama. Lewat mekanisme Konvensi Rakyat digital, publik akan mudah mengenali sosok bakal calon legislatif (bacaleg) sejak awal.

"Prosesnya transparan dan akuntabel. Lewat konvensi, publik tak lagi lihat nama dan foto calon DPR dan DPRD di kertas suara yang cuma 10 menit. Karena sudah mempelajari sejak bakal calon," tuturnya.

Baca Juga : Konvensi Rakyat, Ketum Kartini Perindo Ajak Perempuan Berpartisipasi ke Politik

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Menurut Nuning, di Indonesia, untuk pertama kalinya ada partai politik membuka diri menerima siapapun yang ingin maju sebagai calon wakil rakyat.

"Sekali lagi, konvensi rakyat bukan program atau aksi basa-basi. Ini penjaringan calon dengan jalan digital yang aspiratif dan terbuka," tegasnya.

Diketahui, Partai Perindo telah membuka Konvensi Rakyat berbasis digital sejak 25 November 2021. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman resmi www.konvensirakyat.com atau bisa pula melalui laman www.partaiperindo.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini