Share

Gusti Nurul, Bidadari Asal Solo yang Tolak Cinta Bung Karno

Agregasi Solopos, · Selasa 30 November 2021 05:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 337 2509357 gusti-nurul-bidadari-asal-solo-yang-tolak-cinta-bung-karno-DK4tXheyJ1.jpg Gusti Nurul, bidadari Solo tolak cinta Bung Karno. (Foto : repro buku Gusti Nurul)

SOLO - Perempuan yang dijuluki "Bidadari Solo" Gusti Nurul pernah menolak cinta dari Bung Karno. Selain cantik, Gusti Nurul disebut sebagai sosok yang cerdas dan multi talenta.

Selain parasnya yang cantik, Gusti Nurul ini sempat viral di media sosial beberapa tahun lalu karena kepiawaiannya di bidang seni dan juga wajahnya yang berparas cantik.

Gusti Nurul pun meninggal dunia pada November 2015 di usianya 94 tahun.

Berikut biografi Gusti Nurul, bidadari Solo yang tolak cinta Bung Karno :

1. Putri Keraton

Perempuan bernama lengkap Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani ini merupakan putri keraton.

Ia merupkan putri dari KGPAA Mangkunegara VII dan GKR Timur. Dia lahir pada 17 September 1921.

2. Dijuluki Bidadari Solo

Profil kedua dari Gusti Nurul ini mengungkap tentang dirinya yang dijuluki sebagai bidadari dari Solo karena saking cantiknya.

Bahkan, kecantikan Gusti Nurul ini dianggap seperti Dewi Sembadra, tokoh yang diceritakan Kitab Bharatayudha dan Mahabharata.

Dalam kitab tersebut digambarkan kecantikan wanita di bumi dibagi menjadi dua, yakni setengah untuk Dewi Sembadra dan setengah untuk perempuan lainnya.

3. Cerdas dan Multitalenta

Profil ketiga dari Gusti Nurul ini mengunkap informasi tentang kecerdasannya di bidang seni dan berbagai kegiatan lainnya.

Meski perempuan, Gusti Nurul pandai menunggangi kuda, berenang dan bermain tenis. Selain itu, dia sangat pandai menari.

Baca Juga : Misteri Kematian Jenderal Marinir Loyalis Bung Karno, Tewas di Kamar dengan Kepala Tertembak

Bahkan, ia sempat diundang oleh Ratu Wilhelmina ke Belanda saat usianya masih 15 tahun untuk menari di acara pernikahan Putri Juliana dan Pangeran Bernard.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

4. Pakar Kosmetik Tradisional dan Jamu

Profil keempat dari Gusti Nurul ini membeberkan informasi tentang kepiawaiannya dalam meracik jamu dan kosmetik tradisional.

Dalam buku Kecantikan Perempuan Timur yang ditulis Martha Tilaar, Gusti Nurul dijuluki sebagai pakar kosmetik tradisional dan jamu.

Tak heran, dia memiliki wajah yang cantik nan elok sehingga bisa membuat para lelaki jatuh cinta kepadanya.

5. Dipinang Tokoh Bangsa

Profil kelima dari Gusti Nurul ini mengulas informasi tentang kisah cintanya, yang ternyata pernah menolak pinangan dari Bung Karno.

Bukan hanya Bung Karno saja, ada tokoh bangsa lainnya yang ditolak cintanya oleh Gusti Nurul, yakni Sultan Hamengkubuwono IX, Kolonel GPH Djatikusumo (KSAD pertama), Sutan Syahrir.

Hatinya justru berlabuh kepada kolonel militer, Surjo Sujarso yang juga masih sepupu dari Gusti Nurul sendiri. Mereka menikah saat Gusti Nurul berusia 30 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini