Share

4 Penjara Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 3 Ribuan Orang Tewas Tergantung

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 29 November 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 337 2509184 4-penjara-paling-mengerikan-di-indonesia-nomor-3-ribuan-orang-tewas-tergantung-3NEmwX7gti.jpg Penjara Nusakambangan/ Antara

JAKARTA – Penjara bagi sebagian besar orang merupakan, tempat yang paling mengerikan. Terlebih saat peristiwa kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang yang mengakibatkan 49 orang narapidana menjadi korban.

Namun, tahukah kamu di Indonesia sendiri, terdapat beberapa penjara yang terkenal paling mengerikan dan menyeramkan. Bahkan penjara itu telah dibangun sejak zaman penjajajah.

Berikut daftar penjara paling mengerikan di Indonesia dilansir dari beragam sumber, Senin (29/11/2021).

1. Penjara Nusakambangan

Penjara mengerikan di Indonesia yang pertama adalah Penjara Nusakambangan. Penjara ini terletak di pulau Nusakambangan, kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Penjara ini sering kali disebut juga sebagai Alcatraz-nya Indonesia.

Penjara ini terkenal mengerikan lantaran memiliki penjagaan yang sangat ketat karena dihuni oleh narapidana kelas berat.

Tak hanya itu, sebuah bukit Nirbaya yang berada di dekat penjara itu kerap kali dijadikan tempat eksekusi untuk para tahanan dengan vonis hukuman mati.

2. Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok yang terletak di kawasan Surabaya Utara, tepatnya di Jalan Kasuari Nomor 5 Krembangan merupakan salah satu penjara paling mengerikan di Indonesia.

Berdasarkan pencarian dari berbagai sumber penjara bawah tanah ini telah berdiri sejak abad ke-18 tepatnya pada masa penjajahan Belanda.

Penjara ini diketahui dibangun saat kepimpinan Herman Williem Daendels yang saat itu menjabat gubernur jenderal Hindia Belanda ke-36.

Selain itu, penjara tersebut juga terkenal karena pernah menjadi tempat penahanan sejumlah tokoh kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, Wage Rudolf Soepratman, dan Kiai Haji Mas Mansur.

Dahulu, penjara ini memang disebut-sebut sebagai tempat yang paling ditakuti para narapidana. Hal itu dikarenakan tempatnya yang sempit, gelap dan pengap. Ruangan yang seharusnya berkapasitas 20 orang malah ditempati 90 orang.

Seramnya lagi, penjara bawah tanah ini dahulunya digunakan sebagai tempat penyiksaan. Sehingga masyarakat sekitar banyak yang menganggapnya sebagai penjara angker.

3. Museum Fatahillah Jakarta

Tahukah kamu? Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah yang terletak di Taman Fatahillah, Jakarta Barat tepatnya di Kota Tua ini dulunya merupakan Balai Kota Batavia sekaligus penjara yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Bangunan tersebut didirikan sejak tahun 1707-1712 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Joan van Hoorn.

Bangunan yang menyerupai Istana Dam di Amsterdam ini terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Sebagai penjara bawah tanah, dahulu penjara tersebut ukurannya sangat kecil dan gelap. Sel yang kecil dan gelap tersebut bisa menampung sekitar 50-70 tahanan.

Diketahui pula, tahanan laki-laki dan perempuan dipisahkan, dan kebanyakan para tahanan adalah kaum pribumi yang mencoba memberontak Belanda.

Selain itu, penjara bawah tanah di Museum Fatahillah menyimpan banyak misteri. Konon pada masa pemerintahan Hindia Belanda, bangunan ini merupakan tempat eksekusi hukuman mati. Ribuan orang Tionghoa dan seorang pemberontak bernama Pieter Erberveld berserta rekan-rekannya merenggang nyawa digantung di sini.

Hingga akhirnya, pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini direnovasi ulang dan diresmikan oleh bapak Ali Sadikin sebagai Museum Sejarah Jakarta.

4. Penjara Kerobokan

Terakhir, penjara kerobokan yang terletak di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali ini telah dibangun sejak 1979 dan menampung sekitar 1.000 tahanan pria dan wanita dari berbagai negara dan suku bangsa.

Penjara ini telah banyak menahan penjahat kelas kakap dari berbagai negara. Konon penjara ini juga terkenal menjadi sarang mafia narkoba.

Selain itu, penjara yang menampung banyak tahanan berbagai negara ini sering terjadi kerusuhan yang disinyalir merupakan perang antargeng.

Adapun beberapa narapidana yang masih bersitegas melakukan penyelindupan. Hingga saat dilakukan penggeledahan, masih banyak ditemukan sejumlah barang yang seharusnya dilarang masuk ke penjara, di antaranya senjata tajam, telepon genggam, bahkan bong narkoba.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini