Share

Jokowi : Korpri Harus Jadi Garda Terdepan Reformasi Birokrasi, Pangkas Regulasi yang Menghambat

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 29 November 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 337 2508956 jokowi-korpri-harus-jadi-garda-terdepan-reformasi-birokrasi-pangkas-regulasi-yang-menghambat-lz546G9bte.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan setiap anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus berada di garda terdepan reformasi birokrasi. Karena itu, aparatur negara diharapkan melakukan transformasi ke arah yang lebih baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberi sambutan pada peringatan HUT ke-50 Korpri secara virtual, Senin (29/11/2021).

"Setiap anggota Korpri harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi, memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, menyederhanakan organisasi sehingga bergerak lebih lincah dan meninggalkan sekat sekat ego sektoral serta membuat prosedur yang rumit menjadi simple dan membuat yang lambat menjadi cepat," ujarnya.

Jokowi menyebutkan, pengabdian yang diberikan setiap anggota Korpri kepada bangsa dan negara tidak boleh berhenti. Ekspektasi masyarakat makin tinggi, tantangan perubahan makin kompleks. Berbagai tantangan baru bisa muncul tanpa terduga. Baik itu karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi.

"Menghadapi semua tantangan ini Korpri harus terus bertransformasi, memperkokoh sikap melayani, menjadi abdi masyarakat, menjadi abdi negara. Terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien. Terus beradaptasi dengan perkembamgan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memberi solusi dengan cepat dan jitu sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat," tutur Jokowi.

Baca Juga : HUT Ke-50 Korpri, Jokowi: Perkokoh Integritas, Jangan Pungli

Kemajuan teknologi, kata Jokowi, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan transformasi birokrasi. Perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan secara bijak. Terwujudnya satu data dan pemerintahan berbasis elektronik harus dipercepat.

"Terwujudnya organisasi yang ramping dan SDM yang unggul harus diakselerasi agar setiap anggota Korpri lebih responsif dan inovatif dan mampu memberikan pelayanan kpd masyarakat dengan cepat dengan efisien dan efektif," ujarnya.

"Kepada seluruh anggota Korpri di mana pun berada terutama yang sedang bertugas di perbatasan, di tempat tempat terpencil, di pulau pulau terluar Indonesia, saya menyampaikan selamat ulang tahun Korpri yang ke-50. Saya mengapresiasi darmabakti pengabdian dan kerja keras Korpri dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan," ucap Jokowi.

Korpri adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri atas pegawai negeri sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat pemerintah desa.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, Korpri didirikan pada 29 November 1971. Korpri menjadi satu-satunya wadah untuk menghimpun dan membina seluruh pegawai Republik Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini