Butuh Waktu 2 Minggu untuk Bisa Pahami Varian Omicron

Felldy Utama, iNews · Senin 29 November 2021 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 337 2508785 butuh-waktu-2-minggu-untuk-bisa-pahami-varian-omicron-wezP1cpCUb.jpg Luhut Binsar Pandjaitan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut butuh untuk bisa mengetahui efek daripada varian Covid-19 Omicron yang baru-baru ini muncul.

"Kami memperkirakan dengan kerjasama internasional yang baik, butuh 1- 2 minggu ke depan untuk bisa lebih memahami lagi bagaimana efek dari varian omicron ini terhadap vaksin dan antibodi yang terbentuk dari infeksi alamiah," kata Luhut dalam jumpa persnya secara daring, Minggu (28/11/2021).

Hal ini, kata Luhut, disebabkan karena ada banyaknya mutasi pada area reseptor bindingnya, baik dari virus untuk mengikat sel yang akan diinfeksi. Dan biasanya, tutur dia, hal itu dijadikan sasaran bagi antibodi untuk mengenali virus Covid-19.

"Sehingga ketika terjadi mutasi pada bagian tersebut muncul kekhawatiran bahwa varian Omicron ini dapat mengurangi efektivitas vaksin yang ada," ujarnya.

Baca Juga : Wisma Atlet Kemayoran Rawat 174 Pasien Covid-19 hingga Malam Ini

Oleh karena itu, Luhut menyatakan bahwa langkah-langkah pengetatan perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil pemerintah sebagai langkah waspada untuk mencegah menghambat varian omicron ini masuk ke Indonesia.

"kebijakan-kebijakan ini dapat dievaluasi kembali ketika pemahaman kita terhadap varian omicron ini bisa lebih baik melalui penelitian penelitian yang sedang berjalan saat ini," pungkasnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini