Menkes: Indonesia Belum Teramati Adanya Varian Covid Omicron

Komaruddin Bagja, Sindonews · Minggu 28 November 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 337 2508739 menkes-indonesia-belum-teramati-adanya-varian-covid-omicron-TkDodZvfnc.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Satgas Covid-19)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunawan Sadikin menyatakan varian Covid-19 baru yakni Omicron belum ada di Indonesia. Diektahui, ada beberapa wilayah di dunia yang harus diwaspadai terkait penularan varian Omicron.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini. Negara-negara yang terkonfrimasi ada varian omicron yang paling banyak penerbangan ke Indoensia adalah Hongkong, Italia, Inggris, baru Afrika Selatan," kata Menkes Budi dalam Konferensi Pers mengenai Respon Pemerintah Dalam Menghadapi Varian Omicron, Minggu (28/11/2021).

Budi menambahkan, untuk negara-negara yang kemungkinan ada paling besar ada dari Belanda dan Jerman.

"Jadi yang sudah pasti ada Omicron risiko terbesar Hongkong, Italia, Inggris, baru Afrika Selatan. Seperti yang tadi dijelaskan," tegasnya.

Baca Juga : Sebaran Covid di 34 Provinsi Hari Ini, DKI Jakarta Penyumbang Terbanyak

Dalam kesempatan itu, Budi meminta masyarakat Indonesia tidak perlu panik. Karena kemampuan laboratorium yang ada di dalam negeri cukup mampu memantau penyebaran varian baru tersebut.

"Kami ingin memastikan kemampuan jaringan lab sudah mampu melihat penyebarannya di dunia, mengidentifikasi dengan cepat dan mampu merespons dengan kebijakan," terangnya.

Budi melanjutkan, kebijakan yang pemerintah Indonesia berbasis data. Jadi dari negara yang positif ada dan yang kemungkinan ada juga melihat faktor resiko penerbangan ke Indonesia.

"Kita lihat ini tidak hanya lewat udara tapi juga pelabuhan laut. Karena pengalaman kita varian delta justru dari laut. Kita pastikan semua kantor karantina pelabuhan, laut, darat dan udara bekerja dengan keras. Kebijakan kita semua kedatangan internasional nanti akan kita tes PCR kalau positif akan ada genome sequence apakah ada varian baru atau tidak. Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron," ujar Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini