Share

Cegah Omicron, Pelaku Perjalanan dari Negara Ini Dilarang Masuk RI

Felldy Utama, iNews · Minggu 28 November 2021 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 337 2508726 cegah-omicron-pelaku-perjalanan-dari-negara-ini-dilarang-masuk-ri-5LFyHMSz9N.jpeg Luhut Pandjaitan. (tangkapan layar Youtube)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia resmi melarang warga negara asing (WNA) yang berasal dari negara-negara terpapar Covid-19 varian Omicron untuk masuk ke Indonesia. Hal ini sebagai langkah antisipasi pemerintah agar varian tersebut tak masuk ke Tanah Air.

"Pertama, pelarangan masuk untuk WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari ke negara-negara berikut. Afrika Selatan, Oswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Malawi, Mozambik, Eswatini, Wngola, Zambia, dan Hongkong," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (28/11/2021).

Luhut menyampaikan, kebijakan ini akan segera diberlakukan dalam waktu 1x24 jam. Tak hanya WNA, kebijakan ini juga diterapkan kepada WNI.

"Untuk WNI ywng pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari negara-negara di atas akan dikarantina selama 14 hari," ujarnya.

Pemerintah juga akan menambah waktu karantina bagi WNA dan WNI yang dari luar negeri di luar negara-negara yang termasuk pada point a menjadi 7 hari dari sebelumnya 3 hari.

Baca Juga : Menko Luhut: Muncul Kekhawatiran Varian Omicron Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19

"Kebijakan mengkarantina dari point b dan c akan mulai 29 November 2021 pukul 00.01 WIB," tuturnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini