Share

3 Aksi Kriminal di Pesawat Paling Fenomenal

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 28 November 2021 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 337 2508479 3-aksi-kriminal-di-pesawat-paling-fenomenal-QL6INcOame.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pesawat jadi salah satu transportasi publik paling ketat soal keamanan. Namun, siapa sangka bahwa di dalam pesawat pun sering terjadi tindak kejahatan kriminal. Berikut beberapa kasus criminal yang terjadi di pesawat.

1. Pesawat MAF Diserbu KKB

Pesawat misionaris milik PT MAF dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Rabu (6/1/2021). Saat peristiwa terjadi, pesawat tersebut dikemudikan oleh seorang pilot asing bernama Alex Luferchek warga negara AS.

Pesawat MAF PK-MAX yang berangkat dari Bandara Nabire tujuan Bandara Pagamba berisi 1 pilot dan 2 penumpang. Selepas mendarat, datang orang KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) dengan membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara.

Pada kejadian itu, diduga KKB tersebut juga melakukan pembakaran pada pesawat. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Pihak KKB sendiri menyatakan bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Aksi ini dilakukan KKB dengan menargetkan pesawat yang mengangkut TNI dan Polri.

2. Penumpang Gelap Pesawat

Marilyn Hartman, seorang nenek berusia 69 tahun, sukses naik pesawat tanpa tiket sebanyak 30 kali. Tahun 2018, Marilyn Hartman pernah ditahan setelah berusaha menyelinap melalui keamanan bandara Chicago O'Hare untuk naik penerbangan menuju London.

Saat berusia 66 tahun, ia didakwa melakukan pencurian dan pelanggaran pidana ringan, namun Marilyn berhasil mengelak dari petugas setempat dan dibebaskan setelah insiden tersebut. Satu tahun kemudian, di bandara Chicago O'Hare Marilyn ditangkap atas tuduhan perampokan, pelanggaran kriminal, dan mendapatkan masa percobaan.

Perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oleh Marilyn telah ia mulai sejak tahun 2002 silam. Saat pertama kali lolos terbang ke Kopenhagen membuat Marilyn mencoba untuk ke dua kalinya hingga bisa sampai ke Paris. Siapa sangka ternyata nenek Marilyn mengidap penyakit bipolar.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

3. Karena Merokok, Ketahuan Memakai Identitas Palsu

Seorang penumpang ketahuan merokok di toilet pesawat. Setelah diselidiki, ternyata pria asal Australia tersebut menggunakan identitas palsu saat memesan tiket penerbangan. Ia menggunakan identitas milik saudaranya. Pria itu mendarat di Bandara Adelaide, South Australia dengan pesawat yang terbang dari Kota Perth, pada 30 Agustus 2021.

Pria bernama Beau Ryan G (26) diamankan oleh Polisi Federal Australia (AFP) di Bandara Adelaide. Penjabat Inspektur AFP Michael Smith mengatakan tindakan kriminal berpotensi berasal dari penyalahgunaan identitas dan dokumen perjalanan. Kini, pelaku harus menjalani proses hukuman hingga tingkat pengadilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini