Share

BNPB Catat 45 Rumah di Tanjungbalai Masih Tergenang Banjir

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 27 November 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 337 2508248 bnpb-catat-45-rumah-di-tanjungbalai-masih-tergenang-banjir-TuBNuku6D0.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa masih terdapat 45 rumah warga yang tergenang banjir di Kota Tanjungbalai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Hujan Lebat dan Sungai Sentul Meluap, 5 Kecamatan Pati Terendam Banjir 1 Meter

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan kondisi terkini, terpantau saat ini di Kecamatan Datuk Bandar ketinggian muka air bertahan antara 10 - 20 sentimeter.

"Angka ini lebih kecil dibandingkan sebelumnya yang mencapai 50 unit rumah yang terendam," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga:  Banjir Rendam 10 Kelurahan di Kota Tanjungbalai

Saat ini, masih terdapat Lima Kelurahan yang masih tergenang banjir. Adapun lokasinya meliputi Kelurahan Sijambi, Kelurahan Pahang, Kelurahan Gading yang terletak di Kecamatan Datuk Bandar, dan Kelurahan Bunga Tanjung di Kecamatan Datuk Bandar Timur.

 

Sejumlah warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing. Sementara itu, dilaporkan juga bahwa untuk fasilitas pendidikan dan kesehatan di wilayah tersebut tidak terganggu.

"Upaya penanganan kepada warga terdampak masih terus dilakukan dibantu bersama tim gabungan dan masyarakat," ujarnya.

Merujuk prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kota Tanjungbalai hingga 3 hari ke depan (28/11) berpotensi hujan ringan hingga sedang. Melihat kondisi ini, BNPB menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan, terlebih adanya risiko ancaman bahaya fenomena La Nina.

"Salah satu langkah pencegahan dan antisipasi yang dapat dilakukan dengan memastikan drainase dapat berfungsi secara optimal," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini