Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, KPK Bakal Gelar di 5 Provinsi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 27 November 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 337 2508236 peringatan-hari-antikorupsi-sedunia-kpk-bakal-gelar-di-5-provinsi-HQt80hhDzP.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana menggelar Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di lima provinsi Indonesia. Lima provinsi yang dipilih KPK untuk diselenggarakan Hakordia 2021 yakni, Sulawesi Tenggara; Kalimantan Selatan; Riau; Nusa Tenggara Timur (NTT); dan Jakarta.

"Hakordia 2021 akan dilaksanakan di lima provinsi di Indonesia, yaitu Sulawesi Tenggara (1/12), Kalimantan Selatan (2/12), Riau (6/12), NTT (7/12), dan Jakarta (9/12) dengan mengusung tema masing-masing," kata Plt Juru Bicara bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding melalui pesan singkatnya, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga:  Ketua KPK Beri Pesan Tegas untuk Pejabat Negara Jelang Hakordia, Ini Isinya

Adapun, tema besar yang diambil KPK pada Hakordia tahun ini yaitu, 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Ipi meminta seluruh pemangku kepentingan agar bisa menjadikan momen Hakordia sebagai penyadaran untuk diri sendiri dan juga orang lain.

"KPK mendorong peringatan Hakordia dapat dilakukan oleh seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan segenap elemen masyarakat di pusat maupun daerah, baik bersama-sama dengan KPK secara langsung maupun secara mandiri sebagai bentuk pelibatan partisipasi masyarakat dan penyadaran publik," ucapnya.

Baca juga:  Firli Bahuri Minta Korupsi Tidak Dijadikan Budaya, Tapi Kejahatan Laten

Hakordia tahun ini, kata Ipi, diharapkan juga bisa menjadi momentum seluruh elemen bangsa untuk bisa terbebas dari korupsi. KPK sudah melakukan rangkaian kegiatan menjelang Hakordia mulai dari Papua hingga tanah Sumatera sejak beberapa waktu lalu sebagai bentuk penyadaran publik.

"KPK berharap, peringatan Hakordia 2021 menjadi momentum untuk meneguhkan kembali semangat dan ikhtiar bersama untuk bersinergi, berkolaborasi, dan satu padu dalam membangun budaya antikorupsi demi mewujudkan Indonesia yang maju dan makmur, bersih dari korupsi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini