Share

Varian Baru Covid-19 Muncul, DPR Desak Pemerintah Tutup Perjalanan dari Afsel

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 27 November 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 337 2508221 varian-baru-covid-19-muncul-dpr-desak-pemerintah-tutup-perjalanan-dari-afsel-09FJtoCU3M.jpg Ilustrasi Covid-19 (Foto: Freepik)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad meminta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) agar segera melakukan penelitian, mencari informasi dan data yang akurat perihal adanya varian virus baru atau B.1.1.529.

Dasco mengatakan varian baru virus Corona bermunculan, salah satunya varian yang baru teridentifikasi menyebar di Afrika Selatan.

"Varian ini mungkin membuat vaksin kurang efektif dan membahayakan kemajuan yang dibuat di seluruh dunia dalam memerangi pandemi," ujarnya.

Baca juga: Muncul Varian Baru Botswana B.1.1.529, Hasil 32 Mutasi Virus Covid-19

Pimpinan DPR itu juga mendesak kepada Pemerintah untuk sementara waktu agar segera melakukan pembatasan perjalanan terhadap Afrika Selatan dan negara-negara lain yang teridentifikasi.

"Saya pikir, hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya tindakan pencegahan, mitigasi dan melindungi rakyat Indonesia dari varian virus baru Covid-19", lanjutnya.

Baca juga: Asia dan Eropa Waspadai Varian Baru Covid-19 Asal Afsel

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menuturkan bahwa informasi yang ia terima, varian baru ini dapat bermutasi dua kali lipat lebih banyak dari pada jumlah mutasi pada varian Delta.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini