Share

Amankan Natal dan Tahun Baru, 217 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 27 November 2021 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 337 2508214 amankan-natal-dan-tahun-baru-217-ribu-personel-gabungan-tni-polri-dikerahkan-oCcFlVa6rk.jpg Personel gabungan TNI-Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ratusan ribu personel gabungan dari TNI-Polri akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) saat periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

"Kami libatkan seluruh Indonesia, sekitar 217 ribu, seluruh Indonesia. TNI juga mempersiapkan personilnya, satpol PP, dan jajaran kesehatan juga mempersiapkan, dan stakeholder terkait lainnya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu (27/11/2021).

Dedi menyebut, kepolisian akan menggelar Operasi Lilin untuk melakukan pengamanan libur terhitung mulai 20 Desember hingga 2 Januari 2022.

 Baca juga: Tetap Beroperasi saat Libur Nataru, TMII Batasi Jumlah Pengunjung

Nantinya, kata Dedi, aparat akan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan libur panjang yang memedomani Instruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021. Sejumlah pembatasan akan dilakukan merujuk pada ketentuan yang berlaku.

Pemerintah akan menggunakan surat keterangan berpergian untuk mencatat setiap mobilitas masyarakat selama penerapab PPKM Level 3 nantinya. Polisi akan berjaga di sejunlah titik perbatasan yang telah ditentukan.

 Baca juga: Komisi VI Kunjungi Gudang BULOG, Stok Menjelang "NATARU" Aman

"Polri juga di seluruh-seluruh pintu-pintu tol, dan jalur-jalur akses tertentu perbatasan antar wilayah itu ada pos sebagai cek poin nah disitu nanti juga akan dicek disitu apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM," ujar Dedi.

Menurut Dedi, langkah itu diambil agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang diakibatkan oleh pergerakkan massa dalam jumlah banyak dalam masa liburan.

Puteranegara

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini