Share

Konvensi Rakyat Partai Perindo Berbasis Digital, Roy Suryo: Ini Loncatan Demokrasi, Ada TGB Bagus Sekali

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 26 November 2021 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 337 2508121 konvensi-rakyat-partai-perindo-berbasis-digital-roy-suryo-ini-loncatan-demokrasi-ada-tgb-bagus-sekali-BuF1RrOQbE.jpg Roy Suryo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Konvensi Rakyat berbasis digital yang digelar oleh Partai Perindo dimaknai sebagai sebuah lompatan dalam berdemokrasi.

"Ini merupakan loncatan yang bagus, bagaimana demokrasi itu berlangsung," kata Pakar Telematika Roy Suryo, Jumat (26/11/2021).

Roy Suryo mengatakan dari 274,9 juta penduduk Indonesia, sekitar 202 juta sudah menggunakan Internet dan sekitar 170 juta jiwa adalah pengguna media sosial.

Konvensi Rakyat Partai Perindo, lanjutnya, bisa dimaknai sebagai awal dimulainya e-democracy.

Dia menuturkan ke depan akan banyak perubahan. Dalam 2 tahun belakangan saja, lanjutnya, sudah banyak terjadi perubahan.

"Tadinya seminar menjadi webinar, tadinya belajar tatap muka sekarang daring. Begitu juga nanti bisa pertemuan atau mengumpulkan masyarakat tidak lagi tatap muka langsung, tapi melalui online," ungkap Pria yang berprofesi sebagai guru di KTP-nya ini.

Bahkan, lanjutnya, pemungutan suara pun bisa dilakukan dengan e-voting, yang mungkin bisa dilakukan di tahun 2024 atau 2029 mendatang.

"Itu adalah sebuah keniscayaan. Para Caleg yang akan didapatkan oleh Partai Perindo sejak awal sudah dididik ramah terhadap teknologi untuk kemudian mereka terbiasa menggunakan sarana ini," ungkapnya.

Dia menilai susunan Dewan Konvensi Rakyat Partai Perindo yang diketuai oleh Tokoh Nasional dan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi sangat bagus.

"Ada sahabat saya, rekan saya Pak TGB, itu bagus sekali," kata Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini.

Roy mengucapkan selamat atas penyelenggaraan konvensi tersebut, dan berharap gagasan digital Partai Perindo ini juga bisa diikuti oleh partai-partai lain di masa mendatang.

Seperti diketahui, Partai Perindo telah meluncurkan Konvensi Rakyat pada Kamis, 25 November 2021.

"Tembok pembatas untuk maju sebagai kandidat wakil rakyat telah ditembus oleh demokrasi berbasis digital yang pertama kali digagas, dibentuk dan diselenggarakan oleh Partai Perindo," kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Dia mengatakan ada tiga esensi tujuan Konvensi Rakyat ini digrlar Pertama, menunjukkan bahwa Partai Perindo adalah partai inklusif, partai yang terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa kecuali.

Kedua, memberikan kesempatan bagi seluruh putra-putri bangsa untuk menjadi wakil rakyat yang mumpuni, dan terbuka luas untuk semua Warga Negara Indonesia.

Ketiga, Konvensi Rakyat memberikan kemungkinan lebih maksimal wakil-wakil rakyat Partai Perindo di dewan, baik itu parlemen tingkat nasional, tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota, adalah wakil-wakil rakyat yang memiliki kapasitas dan dapat memperjuangkan aspirasi Partai Perindo.

"Perlu keberanian untuk membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat kecil, karena dengan begitu kita akan dapat mempercepat produktivitas rakyat kecil, sehingga menjadi produktif, dan bersama-sama yang lain yang sudah produktif membangun bangsa Indonesia untuk lebih cepat sejahtera," tegas Hary.

Dengan Konvensi Rakyat, lanjutnya, Partai Perindo akan memiliki anggota-anggota dewan yang mumpuni yang akan berjuang untuk tujuan tersebut.

Kebijakan yang berpihak, lanjutnya, hanya dapat diperjuangkan apabila Partai Perindo memiliki wakil-wakil yang cukup di anggota dewan tingkat nasional, tingkat I, maupun tingkat II.

Sebagaimana diketahui wakil rakyat, anggota dewan, adalah pembuat anggaran, pengawas jalannya pemerintahan, dan juga pembuat kebijakan.

"Saya ingin menegaskan kepada semua kader Partai Perindo, pengurus Partai Perindo, pada semua yang ingin terlibat atau berpartisipasi di Konvensi Rakyat: Partai Perindo memiliki visi misi yang sangat mulia, bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk memperjuangkan kesejahteraan Indonesia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini