4 Kasus Kejahatan Bapak-Anak, dari Pencurian hingga Perampokan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 26 November 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 337 2507604 4-kasus-kejahatan-bapak-anak-dari-pencurian-hingga-perampokan-qebG96DFff.jfif Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

SOSOK bapak seharusnya menjadi panutan bagi anaknya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk sosok bapak dalam beberapa tindak kejahatan.

Berikut kasus bapak dan anak yang kompak menjadi pelaku kejahatan.

1. November 2021

Bapak dan anak yang berinisial TIS (39) dan DP (19) ditangkap pihak kepolisian karena kasus perampokan disertai tindak kekerasan dan menelanjangi korban di Dusun Singopadu, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Saat itu, TIS dan DP sedang melakukan perjalanan dari Kedungbendo, Sidoarjo menuju Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto.

Ketika melintas di jembatan tol, mereka memergoki sepasang muda-mudi yang sedang bermesraan. Mereka merampas motor dan telepon genggam milik korban. Pelaku sempat memukul dan mengancam korban karena tidak mau menyerahkan benda miliknya. Sebelum kabur, kedua pelaku menelanjangi korban dan meninggalkannya.

2.Januari 2021

Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar menangkap bapak dan anak pelaku pencurian motor. Pelaku berinisial AN (40) dan RM (16). Sasaran aksi kejahatan yang dilakukan bapak anak ini adalah area sawah dan rumah kosong. Mereka berbagi tugas dalam menjalankan aksinya, AN melakukan aksi pencurian sedangkan RM mengawasi keadaan sekitar. Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan dari masyarakat yang menjadi korban pencurian.

Setelah ditangkap, polisi melakukan pengembangan dan berhasil menangkap HTN (42) yang menjadi penadah barang hasil curian. Polisi mengamankan barang bukti berupa delapan motor dengan berbagai merek.

3. Juli 2020

Pelaku kriminal yang merupakan bapak dan anak digelandang ke Polsek Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. N (45) dan D (22) diketahui kerap mencuri motor di wilayah Kabupaten Bekasi. Mereka sudah menjadi target kepolisian karena selalu lolos ketika diendus. N merupakan DPO (daftar pencarian orang) dalam kasus pencurian di minimarket dan pernah ditangkap karena pencurian kambing.

Kedua pelaku melakukan pencurian lantaran masalah ekonomi. Mereka terancam pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman penjara 9 tahun.

4. Maret 2020

Bapak serta anak yang berinsial ABD dan AF mendekam di balik jeruji penjara. Mereka diamankan oleh jajaran Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Kalimantan Timur. Hal ini karena keduanya melakukan aksi pencurian motor serta pembobolan rumah.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 6 motor hasil curian, laptop, serta telepon genggam. ABD mengajak sang anak, AF, untuk menjalankan aksinya. ABD bertugas mencongkel pintu jendela dengan obeng kemudian masuk dan mengambil motor yang terparkir di rumah korban. Sedangkan AF mengawasi keadaan sekitar. Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini