Jamaah Islamiyah Cari Simpati Masyarakat, Densus 88: Kemarin Kita Tangkap Tersangka Seolah Kriminalisasi

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 25 November 2021 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 337 2507555 jamaah-islamiyah-cari-simpati-masyarakat-densus-88-kemarin-kita-tangkap-tersangka-seolah-kriminalisasi-yCDCZvi6jQ.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebut bahwa kelompok Jamaah Islamiyah (JI) meraih simpati masyarakat untuk mencari dan mengumpulkan dana.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menjelaskan, kegiatan pencarian dana JI memang selalu berkedok aksi sosial yang meraih simpati masyarakat.

"Yang dalam pelaksanaannya memang selalu dikaburkan oleh kegiatan yang di mata publik merupakan kegiatan yang dalam tanda kutip tidak melanggar. Seperti pendidikan, kemudian pengiriman bantuan ke luar negeri terutama ke daerah Suriah, pakaian, makanan, dan lain-lain yang dikawal oleh untuk mereka," kata Aswin dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Kamis (25/11/2021).

Menurut Aswin, seluruh upaya meraih simpati masyarakat itu dirasakan dampaknya oleh Densus 88. Sebab itu, ketika detasemen itu menangkap teroris yang berkaitan dengan pendanaan JI, mereka dianggap melakukan kriminalisasi.

Baca juga: Ungkap Peran Farid Okbah dan Zain An-Najah di JI, Densus 88: Pemberi Petunjuk

"Sehingga pada suatu saat, seperti kita hadapi kemarin ketika kita menangkap tsk yang tersangkut dengan organisasi ini, publik bereaksi seolah-olah kita telah menzalimi, telah mengkriminalisasi gitu ya," ujar Aswin.

Baca juga: Densus 88: Lembaga Dana Jamaah Islamiyah Hasilkan Rp15 Miliar per Tahun

Densus 88 Antiteror Polri sejauh ini telah menangkap 24 terduga terorisme tim bagian pendanaan dari Jamaah Islamiyah. Puluhan tersangka terorisme itu berasal dari Syam Organizer dan Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

"Sampai dengan saat ini ada 14 orang dari BM ABA dan dari SO (Syam Organizer) 10, yang sudah kita tangkap. Tersangka yang sudah kita periksa," tutup Aswin.

Baca juga: AW Tenggak 4 Obat Penenang Sebelum Posting Seruan Jihad Lawan Densus 88

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini