2 Jurusita Pengganti Diberhentikan MA, 3 Hakim Disanksi Berat

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 24 November 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 337 2506951 2-jurusita-pengganti-diberhentikan-ma-3-hakim-disanksi-berat-qe9OTBEHuw.jpg Gedung Mahkamah Agung (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sebanyak dua jurusita pengganti diberhentikan Mahkamah Agung (MA). Hal tersebut diketahui dalam laporan hukuman disiplin yang dilakukan oleh badan pengawas (Bawas) MA pada bulan Oktober 2021. Jurusita pengganti yang diberhentikan, berasal dari Pengadilan Negeri Jap dan Pengadilan Negeri Sru.

"Hukuman disiplin berat berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS," dikutip dari laporan yang dirilis Bawas MA pada laman resminya, Rabu (24/11/2021).

Selain memberhentikan dua jurusita pengganti, MA juga menghukum dua belas Hakim. Tiga Hakim diantaranya diberikan sanksi berat. Yakni Hakim Madya Muda pada pengadilan Negeri Plg dahulu Ketua Pengadilan Negeri Bbu. Hakim berinisial M itu diberikan sanksi berat berupa penurunan pangkat pada pangkat yang setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

Lalu Hakim berinisial SH yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Sbs dijatuhi sanksi berat hukuman berupa hakim non palu selama 1 tahun dan 6 bulan di Pengadilan Tinggi Plk, dengan ketentuan tidak dibayarkan tunjangan jabatan hakimnya selama menjalani sanksi tersebut.

Hakim lainnya yakni berinisial AFA yang merupakan Hakim Pratama pada Pengadilan Negeri Sbs. Dirinya dijatuhi sanksi berat berupa hakim non palu selama 7 bulan di Pengadilan Tinggi Ptk dengan ketentuan tidak dibayarkan tunjangan jabatan hakimnya selama menjalani sanksi tersebut.

Baca Juga : MA Batalkan Vonis Bebas Paman Perkosa Keponakan di Aceh, Dihukum 200 Bulan Penjara

Selain para hakim dan jurusita pengganti, MA juga memberikan hukum disiplin kepada panitera, panitera muda, panitera pengganti dan staf.

Berdasarkan data Bawas, MA telah menjatuhkan hukuman berat kepada 65 orang, 52 hukuman sedang dan 113 hukuman ringan. Dari 65 orang yang dihukum berat, 19 diantaranya merupakan hakim.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini