Siklon Tropis Paddy Jauhi Indonesia, BMKG: Fenomena Angin Kencang Berkurang

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 24 November 2021 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 337 2506848 siklon-tropis-paddy-jauhi-indonesia-bmkg-fenomena-angin-kencang-berkurang-wKhKOZ1ScC.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Siklon Tropis Paddy secara umum menunjukkan pergerakan sistem yang semakin menjauhi wilayah Indonesia ke arah tenggara hingga selatan, kemudian ke arah barat hingga barat daya di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengatakan berdasarkan analisis hari ini sistem Siklon Tropis Paddy berada di posisi 13.8 LS dan 106.9 BT diidentifikasi telah melemah intensitasnya dan dinyatakan punah serta menjadi sistem Ex-Tropical Cyclone yang dikategorikan sebagai "Tropical Low", dimana kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya kurang dari 35 knot (65 km/jam).

“Suatu kriteria bahwa sistem dikategorikan sebagai Siklon Tropis adalah apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam),” kata Guswanto dalam keterangan resminya, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Waspada, BMKG Prediksi Siklon Tropis Paddy Bergerak ke Barat Daya Cilacap

BMKG memprediksi hingga dua hari ke depan, sistem Ex-TC Paddy diidentifikasi masih persisten di Samudera Hindia Selatan Jawa, dengan pergerakan sistem ke arah barat hingga barat daya semakin menjauhi wilayah Indonesia. Hal itu juga disertai dengan intensitas sistem yang semakin melemah.

Baca juga: Peristiwa Angin Kencang, Tumbangkan Pohon hingga Atap Stadion Ambruk

Guswanto mengatakan dengan punahnya kategori Siklon Tropis Paddy mulai hari ini, maka keberadaan sistem Ex-TC Paddy tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kondisi cuaca secara umum di wilayah Indonesia.

“Di mana fenomena angin kencang sebagai dampak tidak langsung dari keberadaan TC Paddy sebelumnya di wilayah Banten dan Jakarta yang terjadi pada tanggal 23 Nopember 2021 sudah mulai berkurang dan tidak signifikan dalam 24 jam ke depan,” paparnya.

Baca juga: BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis, Waspada Dampaknya di Beberapa Daerah Berikut!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini