Syekh Arsyad, 'Guru' yang Dikagumi Bung Hatta

Tim Okezone, Okezone · Kamis 25 November 2021 06:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 337 2506717 syekh-arsyad-guru-yang-dikagumi-bung-hatta-2dYy0NDV1f.jpg Bung Hatta. (Perpusnas)

JAKARTA - Mohammad Hatta dikenal sebagai sosok yang haus akan ilmu pengetahuan. Dia pun sangat gemar membaca buku.

Selain menyerap segala ilmu pengetahuan di pendidikan formal, Hatta juga mempelajari ilmu-ilmu agama, berhubung keluarganya merupakan keluarga yang taat beragama.

Syekh Arsyad, paman Hatta dari pihak ayahnya, menginginkan Hatta dapat menjadi ulama di kemudian hari. Namun pihak ibunya tidak setuju, mereka ingin Hatta belajar di sekolah umum. Demikian dilansir dari laman Kemendikbud.

Baca juga: Boven Digoel, Hatta hingga Sutan Sjahrir Dibuang ke Tempat Pengasingan Paling Seram Ini


Baca juga: Jejak Pendidikan Bung Karno dan Bung Hatta

Dari pihak ayah, Hatta merupakan generasi ke-3 keturunan ulama tarekat yang terkenal pada zamannya, Syekh Abdurrahman yang berasal dari Batuhampar. Syekh Arsyad merupakan anak dari Syekh Abdurrahman yang menurunkan pengajaran ilmu agama dan menjadi seorang guru agama yang terkenal di sana.

Walau begitu, kakek dari pihak ibu dan kakek dari pihak ayah akhirnya mencapai kesepakatan. Rencananya, Hatta akan dimasukkan ke Sekolah Rakyat lebih dahulu, setelah tamat akan dibawa ke Makkah untuk belajar agama dan meneruskan ke Kairo.

Syekh Arsyad selalu mengenakan sorban dan jubah. Selain mengajar agama di sekolah, di rumah, waktunya banyak terpakai untuk menerima tamu yang rata-rata datang dari jauh, yang sengaja datang untuk meminta petunjuk tentang agama dan masalah-masalah lainnya.

Hatta mengagumi Paman Arsyad, ia terpesona melihat koleksi buku Arsyad yang sangat banyak, semua ditulis dengan bahasa Arab. Ia pun memiliki keinginan untuk menjadi ulama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini