Webinar Partai Perindo, Susaningtyas Beberkan 5 Bentuk Kelompok Radikal

Tim Okezone, Okezone · Selasa 23 November 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 337 2506168 webinar-partai-perindo-susaningtyas-beberkan-5-bentuk-kelompok-radikal-NteAYeOIiH.jpg Ketua DPP Partai Perindo Bidang Pertahanan dan Keamanan Susaningtyas Nefo saat menjadi pembicara dalam webinar Partai Perindo. (tangkapan layar Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Pertahanan dan Keamanan, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan, terdapat 5 bentuk kelompok radikal berdasarkan sisi engangement atau keterlibatan.

Hal itu berdasarkan pemetaan yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Pertama, kelompok yang tidak memiliki pemikiran radikal terorisme, namun terekspos narasi radikal terorisme. Kelompok ini adalah yang paling banyak, namun sulit diidentifikasi," katanya saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar Partai Perindo bertajuk "Tantangan, Radikalisme & Konsolidasi Demokrasi, Selasa (23/11/2021).

Kelompok kedua, Susaningtyas melanjutkan, adalah kelompok yang diam-diam menyetujui tindakan radikal, namun tidak mengekspresikan persetujuannya dalam bentuk apapun. Ia menilai, kelompok ini juga sulit teridentifikasi.

Baca Juga : Waspada! Radikalisme Mulai Menyusup ke Lembaga Negara

"Ketiga, kelompok yang menunjukkan dukungan dan persetujuan atas tindakan radikal terorisme serta mengekspresikannya dalam ruang publik, misalnya dalam media sosial, ceramah," tuturnya.

Susaningtyas melanjutkanya, keempat adalah kelompok yang sudah mulai membantu terlibat dalam aksi yang memiliki unsur kekerasan atau violent extrimism (VE), namun tidak menjadi aktor utama.

"Kelima, kelompok yang terlibat sebagai aktor utama dalam aksi terorisme," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Perindo menggelar webinar bertajuk "Tantangan, Radikalisme & Konsolidasi Demokrasi". Narasumber dalam acara ini adalah Ketua DPP Partai Perindo Bidang Pertahanan Keamanan da Civil Society, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pengamat politik Said Salahuddin. Kegiatan ini dipandu Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini