Pelaku Perjalanan saat Libur Nataru Harus Sudah Divaksin dan Swab

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 23 November 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 337 2506135 pelaku-perjalanan-saat-libur-nataru-harus-sudah-divaksin-dan-swab-EdfVSyu4Y2.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 harus sudah divaksin dan tes swab. Kebijakan itu kemungkinan berlaku untuk semua moda transportasi selama periode libur Nataru.

"Harus sudah vaksin dan tes swab. Kemungkinan begitu (diterapkan pada seluruh moda transportasi pada periode libur Nataru)," ucap Muhadjir saat dihubungi MNC Portal, Selasa (23/11/2021).

Ia mengatakan kebijakan itu bakal diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). "Betul," ucapnya.

Muhadjir menuturkan, pemerintah akan memberi perhatian lebih pada daerah yang menjadi tujuan wisata. Hal tersebut guna mencegah kerumunan orang saat libur Nataru.

"Diberi perhatian lebih," ucapnya.

Baca Juga : Antisipasi Lonjakan Covid-19 saat Nataru, Jokowi Perintahkan Menkes Pastikan Kesiapan RS

Hingga kini pemerintah masih memetakan daerah berdasarkan laju penularan Covid-nya. Kondisi tersebut sangat dinamis karena ada daerah yang mengalami kenaikan. Namun, di sisi lain, banyak pula daerah dengan tingkat penyebaran kasus Covid-19 yang menurun.

"Kondisinya dinamis. Ada daerah yang mengalami kenaikan tetapi juga banyaj yang mengalami penurunan kasus," ungkap Muhadjir.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pada periode Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Untuk mengantisipasi gelombang itu, pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kebijakan itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini