Operasi Kanker Prostat SBY di Usia 72 Tahun Berisiko

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 23 November 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 337 2505982 operasi-kanker-prostat-sby-di-usia-72-tahun-berisiko-hP6roca6lQ.png SBY berada di Mayo Clinic Amerika Serikat (Foto: Tangkapan Layar Video Instagram/@aniyudhoyono)

JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa operasi besar kanker prostat yang jalani di usia 72 tahun berisiko tinggi. Namun, setelah berkonsultasi dengan tim dokter, SBY meyakini bahwa operasi besar tersebut adalah langkah terbaik yang bisa ditembuh demi kesehatannya.

Hal tersebut disampaikan SBY melalui akun resmi Instagram mendiang istrinya almarhumah Ani Yudhoyono pada Selasa (23/11/2021).

"Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki sejumlah risiko, saya tahu. Dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar," ujar SBY.

SBY menyebutkan dirinya sudah mengambil keputusan dan setelah berkonsultasi tentunya dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim dokter kepresidenan yang merawat kesehatan Presiden Wakil Presiden serta mantan-mantan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga : Lewat Video, SBY Menyapa Usai Operasi Kanker Prostat

"Bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat. Pihak Mayo Clinic juga berpendapat demikian setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme bahwa pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal," tuturnya.

SBY mengungkapkan tentu semua proses yang ia jalankan dapat terlaksana dengan lancar berkat pertolongan Tuhan yang maha kuasa dan dengan teknologi metodologi keterampilan tim dokter di Mayo Clinic yang sebelumnya juga ditangani oleh tim dokter Indonesia.

"Saya akan patuh untuk menjalankan apa apa yang perlu saya lakukan sebagai pasien pasca operasi di Mayo Clinic. Itu yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini," ujar SBY.

"Dan ini juga kesempatan yang baik karena pertama kan saya menyapa saudara-saudara saya rakyat Indonesia setelah hampir 3 minggu saya berada di Rochester ini," imbunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini