Share

Besok, Menkopolhukam Akan ke Pulau Perbatasan Negara

Dita Angga R, Sindonews · Senin 22 November 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 337 2505855 besok-menkopolhukam-akan-ke-pulau-perbatasan-negara-aAwWGSES7X.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan berkunjung ke Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT). Dalam hal ini adalah di Pulau Laut dan Pulau Sekatung, di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud, menjelaskan kunjungan ini merupakan komitmen pemerintah dalam mengelola kawasan perbatasan. Khususnya PPKT tidak berpenduduk. Selain itu kunjungan kerja ini juga merupakan wujud negara hadir di perbatasan negara.

“Kunjungan kerja BNPP ke Kabupaten Natuna ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan. Serta meningkatkan prasarana pertahanan dan keamanan di PPKT, sebagai bentuk perhatian serius pemerintah dengan hadirnya negara melalui pemantauan dan koordinasi langsung kementerian/lembaga anggota BNPP bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna,”katanya dikutip dari pers rilisnya, Senin (22/11/2021).

Baca juga:  Bakamla dan BNPB Akan Lakukan Pemeriksaan Covid-19 di Pulau-Pulau Terpencil

Kunjungan kerja tersebut akan dilaksanakan pada 23-24 November 2021. Rombongan tidak hanya mengunjungi Ranai yang merupakan Ibu kota Kabupaten Natuna tetapi juga Pulau Laut dan Pulau Sekatung yang merupakan PPKT.

Agenda kunjungan kali ini, antara lain rapat koordinasi pengelolaan perbatasan negara, meninjau SKPT Selat Lampa, meninjau PPKT Pulau Sekatung dan Lokasi Prioritas (Lokpri) Kecamatan Pulau Laut. Kemudian mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Natuna, meninjau kegiatan layanan GISA Dukcapil di Kantor Camat, meninjau pencegahan dan penanggulangan covid-19. Lalu pertemuan dengan masyarakat nelayan sebagai Komponen Pendukung Pertahanan Keamanan di Perbatasan Negara. Dilanjutkan rapat koordinasi lintas sektor dan tindak lanjut kunjungan kerja ke Pulau Laut dan Pulau Sekatung.

Baca juga:  Dipastikan Masuk Prolegnas, RUU PDP Tunggu Paraf Menkopolhukam

“Kementerian dan Lembaga yang terlibat langsung dalam kunjungan kerja diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan laut khususnya pada Kabupaten Natuna. Serta meningkatkan pertahanan dan keamanan di wilayah perairan laut Natuna utara dari kemungkinan ancaman dan gangguan yang akan timbul di Wilayah Perbatasan laut Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini