Share

Antisipasi Lonjakan Covid-19 saat Nataru, Jokowi Perintahkan Menkes Pastikan Kesiapan RS

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 22 November 2021 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 337 2505762 antisipasi-lonjakan-covid-19-saat-nataru-jokowi-perintahkan-menkes-pastikan-kesiapan-rs-RQaz60ehDA.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan kesiapan rumah sakit jelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Itu karena dikhawatirkan pada periode libur tersebut kasus virus corona (Covid-19) melonjak.

"Saya minta Menkes untuk melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan kesiapan rumah sakit apabila terjadi lonjakan pasien sakit selama akhir Desember dan awal Januari 2022," ucap Jokowi dalam ratas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Selain itu, Jokowi menugaskan Menkes memetakan situasi serta daerah yang berpotensi menyumbangkan lonjakan kasus tertinggi pada periode Libur Nataru tersebut.

"Terutama pemetaan situasi dan terutama di daerah yang berpotensi kasusnya meningkat," ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan jajarannya di kementerian/lembaga untuk satu frekuensi menghadapi ancaman lonjakan kasus Covid-19 pada periode libur Nataru.

"Saya minta seluruh kementerian/lembaga frekuensinya sama dalam menghadapi bulan Desember 2021 ini. Sekali lagi, memiliki frekuensi yang sama. Jangan terjebak pada ego sektoral, utamakan kerja sama, utamakan koordinasi sehingga keliatan kita miliki frekuensi sama," tuturnya.

Baca Juga : Jokowi Minta Semua Kementerian Antisipasi Lonjakan Covid-19 saat Nataru

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pada periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Untuk mengantisipasi gelombang itu, pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 atau pengetatan. Kebijakan itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini