Share

Kasus BLBI, Konglomerat Sjamsul Nursalim Bayar Utang Rp150 Miliar ke Negara

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 22 November 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 337 2505463 kasus-blbi-konglomerat-sjamsul-nursalim-bayar-utang-rp150-miliar-ke-negara-7HEZ9z6S5G.jpg Menko Polhukam Mahfud MD jumpa pers soal perkembangan kasus BLBI/ Okezone

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) telah menerima pembayaran utang sebesar Rp150 miliar dari konglomerat Sjamsul Nursalim. Uang sebesar Rp150 miliar diterima pada 11, 17, dan 18 November 2021.

(Baca juga: Kasus BLBI Sjamsul Nursalim SP3, Mahfud MD: Pemerintah Menagih dan Buru Asetnya!)

Sjamsul Nursalim diketahui merupakan obligor atau pemilik bank yang mendapat dana dari BLBI untuk membantu banknya agar tidak bangkrut saat krisis moneter. Bos PT Gajah Tunggal TBK diketahui tersebut pernah mendapat kucuran dana dari BLBI untuk kedua banknya, Bank Dewaruci dan Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

(Baca juga: Kasusnya SP3, Status DPO Sjamsul Nursalim dan Istrinya Bakal Dicabut)

"Obligor Sjamsul Nursalim yang merupakan obligor dari Bank Dewaruci pada tanggal 11, 17, dan 18 November 2021, telah melakukan pembayaran sebagian kewajibannya dengan nilai sebesar Rp150 miliar," ujar Menko Polhukam Mahfud MD saat menggelar konpers terkait update perkembangan Satgas BLBI, Senin (10/11/2022).

"Uang ini sudah termasuk biaya administrasi piutang negara sebesar 10 persen," singkatnya.

Sekadar informasi, Sjamsul Nursalim merupakan satu dari sekian obligor yang menjadi fokus dan prioritas Satgas BLBI. Sebab, hingga kini pemerintah tidak memegang jaminan apapun atas utang Sjamsul Nursalim.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sjamsul sendiri sebelumnya pernah dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum pada akhirnya dilepas melalui Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Perkara Sjamsul Nursalim dihentikan buntut dari lepasnya Syafruddin Arsyad Tumenggung.

Dari catatan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sjamsul Nursalim memiliki utang kepada negara sekira Rp517,72 miliar. Utang tersebut berkaitan pemberian dana BLBI kepada Bank Dewaruci dan Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini