Share

Reshuffle Kabinet Dikabarkan Awal Desember, Reaksi Parpol Koalisi Mengejutkan

Felldy Utama, iNews · Minggu 21 November 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 337 2505200 reshuffle-kabinet-dikabarkan-awal-desember-reaksi-parpol-koalisi-mengejutkan-oE36A0qAsS.jpg Perombakan kabinet dikabarkan bulan desember/ Okezone

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan kembali akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet pada awal Desember 2024 mendatang. Sejumlah tokoh akan bergabung kedalam Kabinet Jokowi.

(Baca juga: Jokowi Kocok Ulang Kabinet, Hadi Tjahjanto Berpeluang Gantikan Posisi Moeldoko)

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengaku belum mendapatkan informasi ihwal kebenaran kabar tersebut.

"Belum ada info. Sabar nunggu dari Istana," kata pria yang akrab disapa Gus Jazil saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Minggu (21/11/2021).

(Baca juga: Jokowi Ajak Zulkifli Hasan Gabung Kabinet, Ini Reaksi PAN)

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha. Dia mengaku koalisi partai politik (parpol) pendukung pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin sama sekali tidak mengatahui adanya kabar resmi atau bahkan kabar yang berhembus dari Istana tentang reshuffle kabinet.

"Saking halus suaranya, nyaris tidak terdengar. Apalagi bisik-bisik, nggak kedengeran," ujar Tamliha saat dikonfirmasi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah orang di sekitar Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya mulai mendambakan adanya reshuffle atau kocok ulang kabinet dalam waktu dekat. Hal itu mulai nampak saat sejumlah kelompok relawan Jokowi mulai mengomentari kinerja sejumlah menteri, baik soal kebijakan-kebijakannya, sampai hasrat sejumlah menteri untuk menjadi calon presiden (capres) di 2024.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio juga memprediksi kemungkinan adanya reshuffle kabinet pada 8 Desember 2021. "Iya (ada potensi reshuffle 8 Desember)," ujar pria yang akrab disapa Hensat ini saat dihubungi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini